Petani Binaan PT BMH Panen Jagung 3,9 Ton

KAYUAGUNG – Petani Desa Srigading, Kecamatan Sungai Menang, OKI, yang menjadi Binaan PT Bumi Mekar Hijau (PT BMH) melakukan penen perdana jagung dua biji seluas 130 hektar di lahan PT BMH yang bergerak di bidang Hutan Tanaman Industri (HTI). Tanaman jagung ini melalui sistem tumpang sari di lahan akasia. Atas panen perdana ini petani mampu menghasilkan 3,9 ton/hektar.

Manajer Distrik Sungai Gebang, PT BMH desa Srigading, Gunawan, Ahad (20/4) mengatakan, panen ini  merupakan panen perdana oleh para petani  yang selama ini menjadi binaan PT BMH untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar perusahaan.

“Ini merupakan program CRS dari PT BMH untuk masyarakat sekitar perusahaan, tujuanya untuk membantu perekonomian masyarakat, melalui program tanaman jagung sistem  tumpang sari,” kata Gunawan.

Walaupun baru  panen perdana kata Gunawan, sudah menghasilkan sebanyak. 3,9 ton/hektar.

“Sistem tumpang sari ini, menunggu pohon akasia tumbuh besar, lahannya kita tanami tanaman sela yakni tanaman jagung, pengelolaannya kita serahkan ke masyarakat sekitar, kita bantu pupuk, bibit, bahakn setelah panen kita bayar juga dalam membersihkan bekas lahan jagung tersebut,” katanya.

Sementara itu  Armaizal, manajemen PT BMH, untuk panen pedana ini memang hasilnya masih sedikit, pihaknya berharap kedepan hasilnya lebih banyak.

“Berikutnya akan di evaluasi dan sesuai pendapat dari tim observasi dari UNSRI masih bisa dilakukan budidaya jagung  sebanyak  50 heketar lagi, ini tentu akan membantu pendapatan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Menurut perwakilan badan ketahanan pangan provinsi Sumsel, Ir Irfan, pihaknya menyambut baik adanya program ini.

“Kami berharap dengan adanya program ini selain membantu perekonomian masyarakat, juga bisa membantu ketahanan pangan di provinsi sumatera selatan, juga membantu produksi jagung di Susmel,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Junaidi mewakili Dinas Kehutanan OKI,  lahan yang ditanami oleh petani jagung adalah full lahan PT BMH, sambil menunggu akasia tumbuh besar masyarakat bisa bertani jagung melalui sistem tumpang sari.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah diprogramkan oleh PT BMH bekerjasama dengan masyarakat sekitar, kedepan kita berharap masyarakat dapat terbantu dari segi ekonomi, ” jelasnya.

Asisten II Setda OKI Rosidi, mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT BMH, yang telah membuat program yang dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar, baik melalui kerjasama atau program CSR.

“Kami dari pemerintah Kabupaten OKI, sangat mendukung dengan program yang telah di buat oleh PT BMH, program seperti ini harus terus berjalan, jika tujuanya untuk kesejahteraan masyarakat tentu pak bupati akan selelu mendukungnya,’ katanya.

 

Teks     : DONI AFRIANSYAH

Editor    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *