120 Siswa Ikuti Seleksi Paskibra

MUARAENIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispora), mulai melakukan seleksi pengibar pasukan bendera (Paskibra) tingkat kabupaten, yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, 17 Agustus mendatang.

Seleksi Paskibra ini digelar di GOR Pancasila, Muaraenim.Kepala Dispora Muaraenim, Feri Nang Ali melalui Ketua Panitia Seleksi Paskibra, Sahlan Akil menyebut seleksi itu diikuti 120 peserta yang berasal berasal dari seluruh sekolah di Kabupaten Muaraenim.

Dalam seleksi ini terangnya, akan diambil 50 orang dan di seleksi kembali sebanyak enam orang, untuk dikirim mengikuti seleksi Paksibra ke tingkat provinsi. “Seleksi akan dilaksanakan selama dua hari, mulai sejak Selasa (15/4) sampai hari ini (16/4),” kata Sahlan ketika dibincangi, kemarin.

Ia menyebut, seleksi tersebut dibagi atas beberapa tahapan. Tahap pertama, peserta akan mengikuti seleksi administrasi,  parade, kesehatan, psikotes , wawancara dan pengetahuan umum.

Di tahap kedua, seleksi teknik baris berbaris, Pantuhir dan pengumuman seleksi. “Seleksi ini, dilakukan oleh tim penyeleksi yang berasal dari Kodim, Polres, PPI, RS dr HM Rabain dan Dispora,” jelasnya.

Peserta yang mengikuti seleksi Paksibra tersebut terang Sahlan, wajib memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan yakni berumur 15-18 tahun, siswa SMA diutamakan kelas X, tinggi badan untuk pria 168-180 centimeter sementara untuk putri 160-170 centimeter. Kemudian, tidak cacat hukum, kaki tidak berbentuk O dan X.

Lalu sehat jasmani dan rohani terutama gigi, kulit dan mata, yang dibuktikan surat keterangan kesehatan dari dokter, berat badan dan tinggi badan seimbang. Diutamakan menguasai Bahasa Inggris aktif, untuk tingkat provinsi dan nasional.

Sementara itu Bupati Muaraenim, H Muzakir melalui Asisten I Bulgani Hasan menerangkan, Seleksi Paskibara ini adalah kegiatan rutin tahunan, untuk dibentuk menjadi pemuda dan pemudi yang disiplin dan mampu menjadi pelopor Muaraenim SMAS.  “Mereka yang lolos seleksi nantinya, akan bertugas menjadi pasukan pengibar bendera merah putih pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus mendatang,” tukasnya.

 

TEKS             : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *