Wako Pagralam Lantik 182 CPNS 2013

PAGARALAM – Setelah melalui tahapan panjang verifikasi administrasi di Badan Kepegawaian Negara kemudian diproses di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, sebanyak 182 orang cpns yang telah dinyatakan lulus akhir tahun lalu, resmi dinyatakan lulus verifikasi dan validasi memenuhi kriteria (MK) untuk selanjutnya diangkat menjadi CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Pagaralam. Prosesi pelantikan langsung dikukuhkan Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, di Aula Eks SD Model komplek Perkantoran Gunung Gare, Senin (15/4).

Menurut Ida, bagi CPNS yang baru dilantik ini telah melewati tahapan yang tidak semua orang bisa melaluinya. Sebab itu, pelantikan ini harus disyukuri dan dipertanggungjawabkan.

“Setelah dilantik dan diambil sumpah, berarti tugas sebagai abdi negara akan menjadi lebih berat. Namun tugas tersebut jangan dijadikan sebagai beban, melainkan harus membuat rasa tanggung jawab lebih besar,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pagaralan Drs H Safrudin MSi melalui Kepala BKD Pagaralam Imam Pasli SSTP mengemukakan, ada sebanyak 182 orang yang dilantik menjadi CPNS. Namun ada sekitar 11 formasi yang tidak terisi, karena memang tidak ada peminatnya sama sekali. Selain itu ada pula yang punya cukup banyak peminat, namun ternyata para pelamar tidak memenuhi passing grade yang ditentukan.

“Dalam penilaian mereka tidak memenuhi passing grade atau nilai batas minimal yang ditentukan dalam penilaian tes,” terang Imam.

Lanjutnya, formasi yang tidak terpenuhi tersebut semuanya ada dalam tiga kategori kesehatan, pendidikan dan tenaga teknis.

“Katagori guru tidak ada yang diterima untuk formasi Guru Perhotelan, sedangkan untuk tenaga kesehatan tidak ada pelamar untuk dokter anestesi, spesialis anak dan spesialis penyakit dalam,” jelasnya.

Termasuk beberapa tenaga teknis seperti tenaga Penyuluhan Lingkungan Hidup, Konservasi Lahan dan Pengolahan Sumur Resapan, Penyuluh Koperasi, juga Penyuluh Rehabilitasi Hutan tidak ada peminat. Sedangkan untuk tenaga Teknisi Elektro Medis ada pelamarnya, namun tidak ada pelamar yang memenuhi persyaratan alias TMP.

“Ada tiga formasi yang kita butuhkan, namun tidak ada pelamar yang memenuhi persyaratan sehingga tidak lulus,” terangnya.

Sebelumnya diketahui formasi penerimaan CPNS 2013 Pagaralam yang telah disetujui BAKN adalah 198 orang meski yang dinyatakan lulus ada 182 orang. Dijelaskannya, alokasi formasi untuk penerimaan CPNS 2013 Pagaralam memang sudah diberikan dan ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni sebanyak 198 orang yang terdiri dari kualifikasi pendidikan sebanyak 20 orang. Kemudian Kesehatan 69 orang dan tenaga teknis sebanyak 109 orang.

TEKS     : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *