Parpol Saling Klaim Kursi Dewan

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

Ilustrasi Anggota DPR | Dok KS

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU), belumlah memutuskan hasil perolehan suara masing-masing partai politik (parpol) yang didapat dari pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April lalu.

Namun sejumlah parpol, sudah saling mengklaim perolehan kursi yang mereka dapatkan. Klaim ini, didasarkan dari data rekapitulasi suara pada form C1 yang dipegang saksi masing-masing parpol.

PDI Perjuangan misalnya, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumatera Selatan (Sumsel), Darmadi Jufri menyebut, partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran ini mendapatkan empat kursi DPR RI.

“Rinciannya, dua kursi dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel I dan dua kursi dari dapil Sumsel II. Sedangkan untuk DPRD Sumsel, perolehan kursi yang kami dapatkan sebanyak 14 kursi, ini lebih tinggi dibandingkan Pemilu 2009 lalu, yang hanya 11 kursi,” kata Darmadi yang dibincangi, Selasa (15/4).

Siapa-siapa calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan , yang terpilih tersebut ? Darmadi tidak merincikannya, namun menurutnya seluruh anggota DPRD dari PDI Perjuangan saat ini terpilih kembali. Sisanya dari, caleg yang baru. “Hasil ini kita dapatkan dari real count yang dilakuan PDI Perjuangan. Saat ini data yang masuk mencapai 90 persen,” bebernya.

Klaim tak jauh berbeda juga disampaikan Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Hafisz Tohir. Ia menyebut, dari rekapitulasi suara yang dikumpulkan PAN dari saksi, perolehan suara partai berlambang matahari terbit ini di Sumsel antara 14 persen sampai 15 persen. “Namun untuk jumlah perolehan kursi di DPR RI, dan DPRD, saya belum bisa merincikannya sebab rekapitulasinya masih berlangsung,” terangnya.

Sekretaris Partai Gerindra Sumsel, Nopran Marjani menyebut partai berlambang kepala burung garuda ini mendapatkan dua kursi untuk DPR RI, dengan rincian satu kursi masing-masing setiap dapil.

“Untuk DPRD Sumsel, berdasarkan data C1 KWK yang kami miliki, dari 10 dapil di Sumsel, Gerindra mendapatkan sembilan kursi. Namun bisa saja ini bertambah, sebab saat ini pengumpulan data untuk dapil VIII (Lubuklinggau dan Mura), masih dilakukan,” ucapnya.

Hasil menggembirakan juga diklaim didapatkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua DPW PKB Sumsel, Ramlan Holdan menyebut partai nya mendapatkan satu kursi DPR RI dari dapil Sumsel I. Sementara di Sumsel II, belum bisa dipastikan.

“Untuk DPRD Sumsel, kita meraih lima kursi. Rinciannya di dapil OKU Timur kita mendapatkan satu kursi. Begitu juga di OKI & OI, OKU Selatan dan OKU, Banyuasin, serta Palembang I, masing-masing satu kursi. Untuk dapil lainnya, masih dalam tahap rekapitulasi. Kami berharap setiap dapil, PKB mendapatkan setidaknya satu kursi,” harapnya.

Di tempat berbeda, Ketua DPD Partai Hanura Sumsel, Arkoni mengaku, di Sumsel perolehan suara Partai Hanura mengalami kenaikan signifikan dibanding 2009 lalu. “Pemilu kali ini, untuk DPRD Sumsel kita mendapatkan 10 kursi,” jelasnya.

Sedangkan untuk DPR RI menurutnya, Partai Hanura hanya mendapatkan satu kursi dari dapil Sumsel I. Sementara untuk DPRD kabupaten/kota  terang Arkoni, perolehan kursinya belum bisa dipastikan karena  masih dalam tahap rekapitulasi di PPK.

Hal yang sama diungkapkan Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumsel, Junial Komar. Ia menyebut, PBB mendapatkan satu kursi DPR RI dari dapil Sumsel II. Sedangkan untuk DPRD Sumsel, PBB meraih enam  kursi.

“Untuk DPRD kabupaten/kota, sebagian besar mendapatkan kursi di DPRD. Namun berapa jumlahnya, belum bisa saya sampaikan. Saat ini, data yang kita dapatkan baru 90 persen,” bebernya.

Sementara itu Partai Golkar, Demokrat dan PKS, belum dapat berkomentar akan hasil perolehan kursi parlemen yang didapatkan mereka disemua tingkatan. Alasannya, sedang dilakukan pendataan di tingkat internal berdasarkan C1 KWK dan rekapitulasi PPK yang sedang berlangsung.

 

TEKS             : DICKY WAHYUDI

EDITOR          : IMRON SUPRIYADI

 

Daftar Klaim Kursi Masing-Masing Parpol

  1. 1.    PDI Perjuangan

4 kursi DPR RI, 14 kursi DPRD Palembang, 11 kursi DPRD Mura, 7 kursi DPRD Lubuklinggau, 4 kursi DPRD Banyuasin, 7 kursi DPRD Pagaralam, 3 kursi DPRD OKU,

  1. 2.    Partai Gerindra

2 kursi DPR RI, 9 kursi DPRD Palembang, 7-8 kursi DPRD Lahat, 5 kursi DPRD Pagaralam, 3 kursi DPRD Muaraenim, 3 kursi DPRD Prabumulih, 2 kursi DPRD Empat Lawang, 2 kursi DPRD OKU Selatan, 5 kursi DPRD OKU Timur, 7-8 kursi DPRD OI, 3 kursi DPRD OKI, 5 kursi DPRD Muba, 5 kursi DPRD Lubuklinggau, 3-4 kursi DPRD Mura.

  1. 3.    Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

1 kursi DPR RI, 5 kursi DPRD Palembang, 6 kursi DPRD OKU Timur, 6 kursi DPRD Prabumulih, 3 DPRD kursi Muaraenim, 4 kursi DPRD Lahat, 3 kursi DPRD Pagaralam, 3 kursi DPRD Lubuklinggau, 3 kursi DPRD Empat Lawang, 2 kursi DPRD Muba, 4 kursi DPRD Mura, 2 kursi DPRD Banyuasin , 5 kursi DPRD OKI, 5 kursi DPRD OI.

  1. 4.    Partai Hanura

1 kursi DPR RI, 9-10 kursi DPRD Sumsel

  1. 5.    Partai Bulan Bintang (PBB)

1 kursi DPR RI, 6 kursi DPRD Palembang, 6 kursi DPRD Muba, 2 kursi DPRD Banyuasin, 3 kursi DPRD Prabumulih, 3 kursi DPRD Mura, 4 kursi DPRD Empat Lawang,  2 kursi DPRD Pagaralam,  2-3 kursi DPRD Muaraenim, 3-4 kursi DPRD OKU Selatan, 3-4 kursi DPRDOKU Timur,  2 kursi DPRD OKI.

Catatan : PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, dan beberapa partai lain belum terdata

Sumber : Hasil Rekap C1 KWK masing-masing parpol




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *