Hak Suara Pasien RSUD Dipertanyakan

LAHAT – Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) calon DPRD, DPRD Provinsi, DPD dan DPRI 2014 yang dilaksanakan rabu kemarin ternyata banyak dinamika yang terjadi seperti lebihnya suara dari surat suara sampai hak suara Pasien pun sampai sekarang masih dipertanyakan, padahal mereka pun mempunyai hak memilih seperti pemilih lainnya.

Hasil pantauan Kabar Sumatera di RSUD Lahat, pasien yang ada sama sekali tidak memilih, sehingga surat suara mereka tidak di gunakan sebagainmana mestinya.

Ratusan pasien rawat inap di RSUD mengaku mereka telah mempunyai pilihan namun, karena tidak adanya rombongan KPPS utusan KPU tidak ada ke rumah sakit membuat pilihan mereka hanyalah sebuah angan-angan.

Angga (36), salah satu keluarga pasien mengatakan, seharusnya ada petugas yanng jemput bola guna menstabilkan pileg ini, walaupun keluarganya terkapar di rs, namun mereka mempunyai hak suara dan hak memilih.

“Yang sakitni masih keluargo, walaupun kato wong gegampang nak milih, tapi tidak semuanya yang sakit disini mempunyai pemikiran yang sama'” ujar angga.

Terpisah Ketua KPUD Kabupaten Lahat melalui komisioner KPUD Jalalludin mengatakan, pihaknya belum mengetahui apakah ada pemilihan di rumah sakit atau tidak, sebab llaporan dari PPK belum ada sehingga saat ini informasi pemilihan di rs belum diketahui sama sekali.

“Kita belum terima laporan, namun seharusnya keluarga pasien melaporkan keluarganya tersebut ke KPPS sehingga anggota KPPS bisa mendatangi RS guna memberikan hak suuara pilih didampingi saksi-saksi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, didalam satu atau dua hari ini pihaknya akan menerima laporan dari setiap PPK sehingga mereka bisa menjelaskan secara detail apa-apa yang menjadi masalah didalam proses pemilihan.

Selain itu ketua Panwaslu Lahat DRS.Delly menjelaskan, pengawasan selama pemilihan berlangsung pihaknya tidak mendengar adanya pemilihan dirumah sakit, namun dirinya akan menunggu rekapitulasi dari PPL guna mengetahui apakah ada masyarakat yang memilih di RS.

“Kita belum bisa memberikan informasi lebih lanjut, sebab saat ini masih proses rekap, jadi kita pun belum tahu ada atau tidak pemilihan yang berlangsung di RS,” katanya dengan singkat.

 

Teks     : JUMRA ZEFRI

Editor    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com