355 Siswa SMA OI Bersaing di OSN

Olimpiade-Olahraga-Siswa-Nasional-(O2SN)

INDERALAYA – Sebanyak 355 peserta dari seluruh SMA Negeri dan Swasta se Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN)  2014 pada tanggal 1-3 April mendatang  yang dipusatkan di SMAN I Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Ogan Ilir, Sidharta melalui Kasi Kurikulum SMP,SMA dan SMK yang merangkap sebagai Ketua Panitia Pelaksana OSN 2014, Marsudi mengatakan, ajang  memilih siswa berprestasi tahun ini lebih banyak pesertanya dari tahun sebelumnya.

“Ya, tahun ini pesertanya meningkat dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun 2013 lalu pesertanya sebanyak 331  siswa, dan tahun ini meningkat menjadi 355 siswa,’’ ujarnya.

Marsudi menambahkan, kagiatan tersebut berlangsung selama tiga hari yakni pada 1-3 April 2014. ‘’Untuk hari pertama materi yang diujikan yakni pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia. Pada 2 April pelajaran yang diujikan , Biologi, Astronomi dan Komputerisasi dan hari terakhir pelajaran Geografi, Kebumian dan Ekonomi,’’ beber Marsudi.

Dari jumlah peserta tersebut lanjut Marsudi, akan dipilih juara 1, 2 dan 3 dengan masing-masing mata pelajaran yang diujikan. Setelah itu, akan menjadi wakil dari Kabupaten Ogan Ilir untuk ikut pada perlombaan OSN pada tingkat provinsi yang rencananya akan berlangsung Mei mendatang.

“Namun sebelum mengikuti OSN tingkat provinsi, akan dibina dahulu melalui Training Center (TC) selama satu minggu dengan tim pengembangan kurikulum yang sudah dibentuk,’’ sambung Marsudi.

Ditambahkan Marsudi, pada tahun sebelumnya, mata pelajaran Biologi, Kimia dan Astronomi serta Matematika yang menjadi andalan para siswa Ogan Ilir pada setiap kegiatan OSN.

“Kita berharap setiap pelajaran mampu dikuasai siswa sehingga bisa mengikuti OSN ditingkat nasional,’’ harapnya.

Diakui Marsudi, para utusan SMA dari Kabupaten OI untuk mengikuti OSN belum bisa berbuat  banyak, namun pihaknya tetap optimis. “Buktinya saja untuk tingkat SMP, Kabupaten OI masuk delapan besar pada OSN tingkat nasional , makanya kita optimis untuk siswa SMA yang akan mengikuti OSN tingkat nasional nanti,’’ pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *