Pembentukan Mapolres PALI Masih Dikaji

Rombongan dari Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) melakukan studi kelayakan terkait usulan pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pemkab Pali) agar segera dibentuknya Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Pali.

Rombongan dari Biro Perencanaan Umum dan Anggaran Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) melakukan studi kelayakan terkait usulan pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pemkab Pali) agar segera dibentuknya Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Pali.

PALI – Penjabat Bupati PALI, Heri Amalindo menerima rombongan dari Polda Sumsel diketuai AKBP Hubaidah BA, selaku Kabag Strategi Manajemen Biro Perencanaan (Strajemen Rorena) Polda Sumsel beserta perwira dari Polres Muaraenim yang salah satunya Kompol S Gultom selaku Kabag Ren Polres Muaraenim, di rumah dinasnya di Jalan Balikpapan Komperta Pendopo, Kamis (27/3).

Hadir juga dalam rombongan tersebut tokoh masyarakat, agama sera para kapolsek di wilayah hukum Kabupaten PALI.

Kedatangan rombongan tersebut guna membahas  dan meminta tanggapan terkait adanya rencana pembentukan Mapolres PALI

Penjabat Bupati PALI, H Heri Amalindo mengatakan bahwa Kabupaten PALI saat ini sangat membutuhkan Mapolres. Menurutnya, dengan adanya keberadaan aparat, minimal dapat mengurangi tingkat kriminalitas, sebab selama ini bagi masyarakat luar, wilayah PALI lebih dikenal sebagai daerah rawan kejahatan. “Dengan dibentuknya Polres PALI, Minimal gerak mereka (pelaku kejahatan) menjadi terhambat,” katanya.

Menurut Heri, kedatangan rombongan dari Polda ini merupakan kunjungan pertama dalam rangka kesiapan pembentukan Polres PALI. “Mereka mempertanyakan masalah administrasi lahan yang akan dihibahkan untuk dibangun Polres. Walaupun status tanah tersebut hibah, pihak Polda tetap meminta kejelasan dengan bukti otentik lain, seperti sertifikat dan lain-lain. Sebab mereka juga akan melaporkan hasil studi ini ke Polda,” jelas Heri.

Disinggung lokasi Polres PALI, Heri menjelaskan, sesuai dengan rencana awal serta disesuaikan dengan rencana pengembangan panataan wilayah, Polres PALI bakal dibangun di kawasan Talang Karangan (eks buangan). Lokasi ini sebelumnya memang sempat ditinjau oleh dirinya sendiri bersama pejabat dari Brimob Polda Sumsel beberapa waktu lalu.

“Mereka minta agar dapat menyiapkan lahan seluas 10 hektar untuk Polres. Ya kita akan upayakan di daerah sana (Talang Karangan). Nanti kita akan bebaskan, seberapa banyak yang bisa dibebaskan. Yang jelas kita akan berkoordinasi lagi,” katanya.

Sementara, Kapolres Muaraenim AKBP M Aris, melalui Kabag Ren Polres Muaraenim Kompol S Gultom mengatakan, kedatangan pihaknya beserta rombongan dari Polda Sumsel ini dalam rangka studi kelayakan dan meninjau lokasi

“Bersama pemerintah PALI dan tokoh masyarakat PALI yang memang menginginkan Polres PALI, kita melakukan studi kelayakan dan peninjauan lahan,” ujarnya.

Soal kapan Polres Pali ini terbentuk, pihaknya kata Gultom tidak bisa memastikan. Sebab, kunjungan ini juga dalam rangka untuk mempercepat proses pembangunan Polres Pali sendiri sesuai dengan keinginan masyarakat guna mendukung Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). “Finalnya ada di pimpinan, kita hanya melaporkan,” tandas dia.

 

Teks/Foto    : Indra Setia Haris




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *