Siti Sang Gadis dari Simawang

kover-depan-Gadis-web

Judul                 : Gadis Berbudi

Penulis             : Irzen Hawer

Penerbit           : FAM Publishing

Tahun               : 2013

Tebal                :  472 halaman

Peresensi       : Ahmad Maulana

“Gadis Berbudi” berkisah tentang seorang gadis minang yang mencari ayah kandungnya dan kuliah di salah satu kampus seni di Kota Padang panjang. Dalam pencarian itu, si tokoh mengalami bermacam konflik yang mengharu-biru. Walau begitu novel dengan ketebalan 472 halaman ini juga mencerahkan lantaran ditulis dengan bahasa yang mudah dicerna yang beberapa babnya disisipi dengan kisah-kisah yang kocak dan romantis.

Tidak satu jalan ke “Mekkah”, Siti sang gadis dari Simawang itu telah mencari jalan untuk mengubah nasibnya. Dengan keyakinan menggapai cita yang senantiasa mengalir dalam dinamika upaya berbingkai keluhuran budi telah mengantarkan Siti pada puncak kebahagiaan yang tak terduga. Irzen Hawer dengan kepiawaiannya mampu membangun ruang imajinasi edukatif, rasa nasionalisme dan kepedulian antar sesama anak negeri. Itu ia bangun berdasarkan serangkaian pengalaman pahit, baik psikologis maupun materil yang beragam corak dialami oleh mahasiswa penerima Beasiswa Pendidikan Miskin (Bidikmisi) di Institut  Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, menjadi karya yang patut dan perlu dibaca.

Sebuah kisah melodrama yang ditulis dengan bahasa yang lancar, dan tak bertele-tele. Pengarang berhasil menggiring pembacanya tanpa airmata, karena tokohnya yang jujur, sederhana, berdedikasi dan mandiri. Sementara terkait tema perjodohan yang juga disisipi di dalam novel ini.

Novel ini mempunyai lika-liku yang pelik, yang menunjukkan betapa rumitnya sebuah hubungan antar manusia di dalam sebuah keluarga. Tidak semua keinginan bisa dicapai dengan kehendak yang memaksa, yang kemudian justru menimbulkan sebuah kehancuran. Gadis Berbudi, sebuah cerita yang mengandung nilai edukatif yang cocok dibaca bagi mereka yang ingin memahami suatu hubungan, sebuah sisi dunia lain yang kita jalani juga.  Tema ini memang kaya dengan konflik dan masih menjadi daya tarik yang tiada pernah kering digali. Perlu dibaca sebagai motivasi bagi generasi sekarang.

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *