Peserta UN SMA Berkurang

MUARAENIM – Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA di Kabupaten Muaraenim tahun 2014, berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal itu disebabkan, peserta untuk UN dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), tahun ini tidak lagi tergabung sebagai peserta UN dari Muaraenim.

Ketua panitia penyelenggara  UN tingkat SMA Kabupaten Muaraenim, Rizal Alfian mengatakan, jumlah peserta UN tahun ini untuk SMA/MA sebanyak 4102 peserta, serta peserta UN dari SMK sebanyak 2.237 peserta. “Tahun lalu peserta dari PALI, masih tercatat sebagai peserta dari Muaraenim. Namun tahun ini, mereka sudah menyelenggarakan sendiri,” kata Rizal, Jumat (21/3).

Ia menerangkan, dalam pelaksanaan UN tahun ini terbagi atas 11 sub rayon penyelenggara. Rinciannya, tujuh sub rayon untuk SMK, satu untuk SMK serta tiga sub rayon untuk MA. Sementara untuk sekolah penyelenggara sebanyak 55 sekolah, baik negeri maupun swasta.

Untuk SMA diketahui sebanyak 28 sekolah, SMK 14 sekolah serta untuk MA sebanyak 13 sekolah. “Jumlah itu sudah mencakup sekolah negeri dan swasta,” jelas Rizal ketika dibincangi di ruang kerjanya.

Dia menambahkan, untuk tahun ini mereka menargetkan tingkat kelulusan di Muaraenim sebesar 100 persen. Apalagi menurutnya, dua tahun terakhir, tingkat kelulusan UN SMA di Muaraenim selalu 100 persen.”Target tetap sama, dengan tahun lalu,” tegasnya.

Sementara Kepala Seksi (Kasi)Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Muaraenim, Amir Hamzah menyebut, tekhnis penyelenggaraan UN tahun ini tetap sama dengan tahun lalu. Untuk soal, peserta masih menggunakan paket dengan sistem silang. “Tetap sama, jadi antar peserta kiri dan kanan soalnya berlainan,” tukasnya.

 

TEKS            : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *