Burdani Akil SH : Warga Harus Ikut Dalam Pembangunan

Asisten II Setda Kabupaten PALI,

Asisten II Setda Kabupaten PALI,

PALI – Tahun 2014 ini, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memulai program pembangunan setelah satu tahun melepaskan diri dari kabupaten Muara Enim.

Momen satu tahun PALI diresmikan, Pemkab PALI akan melibatkan warga dalam setiap program yang telah disusun, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dalam masyarakat terhadap pembangunan yang sedang berlangsung.

Hal tersebut diungkapkan Asisten II Setda Kabupaten PALI, Burdani Akil SH, saat dibincangi wartawan di Komplek Kantor Bupati KM 10, Handayani Mulia, Selasa (18/3).

Menurut Akil, yang juga ketua panitia pelaksana HUT PALI, jajaran pemkab akan menjadikan momen hari jadi untuk melibatkan masyarakat dalam berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur.

“Kita akan libatkan masyarakat. Kita tumbuhkan kembali semangat gotong royong. Kenapa? Karena dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan, masyarakat akan ikut memiliki dan ikut menjaga setiap proyek yang kita bangun. Sebab apa yang kita lakukan saat ini untuk kepentingan masyarakat,” jelas Burdani.

Burdani mengambil contoh dalam pembangunan jalan yang ada di Kota Talang Ubi. Pemkab sudah merencanakan perbaikan terhadap ruas jalan yang ada dalam kota. Sedikitnya Rp 20 milyar dana dianggarkan untuk pembangunan jalan dalam kota.

Dengan besarnya perhatian pemerintah itu, Burdani berharap akan muncul partisipasi warga untuk bersama-sama menjaga jalan tersebut. “Pemerintah membangun jalan, paritnya juga diperbaiki, kita harapkan warga ikut berpartisipasi, bisa dengan ikut membersihkan parit atau membuat penutup parit untuk lintasan motor ke pekarangan. Jadi ada sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat,” jelas Burdani.

Menurutnya, partisipasi masyarakat sangat penting. Sebab dengan adanya rasa memiliki dari masyarakat, masyarakat akan ikut memiliki dan menyayangi terhadap jalan tersebut, sehingga bisa bersama-sama menjaga dan memeliharanya.

Selain ikut membuat lintasan kendaraan kerumah masing-masing, Burdani juga berharap warga yang belum memiliki pagar untuk membangun pagar rumah. “Bagi yang belum memiliki pagar akan kita himbau untuk segera memagari rumahnya. Kita sudah himbau untuk membuat pagar setinggi 120cm. tidak perlu mahal yang penting manfaatnya untuk keindahan dan keamanan,” tuturnya.

Untuk merealisasikan program ini, Pemkab PALI berencana akan melakukan sosialisasi door-to-door ke setiap rumah warga. Para pejabat dari tingkat sekda sampai staf kecamatan akan turun bersama-sama menggedor warga dan mengajak untuk ikut berpartisipasi membenahi lingkungannya masing-masing. “Gerakan door to door ini akan kita lakukan terus menerus dan semua unsur akan kita libatkan. Agar warga tergugah. Masa jalan sudah dibagusi, rumahnya dibiarkan semrawut,” jelasnya.

 

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *