Caleg Nasdem Meninggal Suara Kembali Ke Partai

INDERALAYA – Calon anggota legislatif (Caleg) Partai NasDem untuk DPRD Ogan Ilir (OI) dari daerah pemilihan (Dapil) IV (Tanjung Batu-Payaraman-Lubuk Kelita), dikabarkan meninggal dunia karena sakit.

Meski demikian, nama tersebut tidak akan dicoret dalam terdaftar calon tetap (DCT) dan masuk dalam surat suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April mendatang. Sementara perolehan suaranya saat pemungutan suara menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OI, Annahrir, tetap sah namun kembali ke partai.

“Informasinya memang ada salah satu caleg dari Partai NasDem meninggal, namun kita belum menerima laporan secara tertulis. Kita masih menunggu laporan tertulis dari partainya,” kata Annahrir, Minggu (9/3).

Menurut Annahrir, caleg meninggal tentu tidak bisa dicoret, apalagi kertas surat suara para caleg sudah dicetak bahkan sudah dilakukan pelipatan dan tinggal pendistribusian. “Aturannya sudah jelas, bahwa caleg yang meninggal tetapi tetap dicoblos oleh pemilih, tetap sah. Namun suaranya kembali ke partainya,” jelasnya.

Untuk itu sambung Anahrir, pihaknya meminta kepada partainya untuk melaporkan caleg yang meninggal tersebut secara tertulis ke KPU OI.

Terpisah, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten OI, Ahmad Syafei saat di konfirmasi, membenarkan jika salah satu calegnya bernama Wahidin dari Dapil IV meninggal dunia pada Jumat (7/3) lalu. “Memang benar salah satu caleg kita bernama Wahidin meninggal, dan kita belum melaporkan ke KPU,’’ ujar Ahmad Safei.

Rencananya sambung  Ahmad, laporan tertulis akan diberikan kepada KPU OI pada Senin (hari ini). “ Ya, Senin (hari ini) ini, akan kita sampaikan ke KPU kalau ada caleg kita yang meninggal,” tukasnya.

 

TEKS              : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *