Turki Jajaki Kerja Sama dengan IAIN Raden Fatah

 

PALEMBANG – Indonesia dan Turki merupakan negara yang terkuat dalam kesatuan agamanya, bahkan antara indonesia dan turki memiliki kesamaan dari keberagaman budayanya. Demikian diungkapkan Mohammed pengajar kursus bahasa dan budaya Turki dari Yayasan Pacific Countries Social dan Economic Solidarity Association (PASIAD) di Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Raden Fatah Palembang.

PASIAD yang didirikan pada tahun 1980 di Istanbul, Turki meyakini bahwa kekuatan persahabatan antar Negara yang dibutuhkan untuk masa depan tersembunyi di balik kemampuan kita untuk saling menemukan, dan untuk mengenal satu sama lain.”Jadi, semua bentuk kerjasama yang dilakukan saat ini bertujuan agar budaya Turki dan Indonesia terjalin,”tambah Mohammed.

Dikatakannya, PASIAD telah menjalin kerja sama dengan Indonesia sejak 1990, dan sekarang telah mendirikan 10 Sekolah Turki yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Yaitu Yogyakarta, Solo, Semarang, Jakarta, Aceh, Padang, Banjarmasin, dan Surabaya.

Saat ini kata dia, PASIAD akan menjajaki Kota Palembang  dengan menjalin kerja sama dengan IAIN Raden Fatah dalam kursus bahasa dan budaya Turki.  “Kami akan membuat sekolah Turki di Palembang ini. Nah berhubung IAIN Raden Fatah mengundang untuk bekerja sama, ini jadi langkah awal kami,”tukasnya.

Menurutnya, kursus bahasa dan budaya Turki sendiri tidak dikenakan biaya bagi mahasiswa yang berminat mendaftarkan diri, namun dari 300 orang yang mendaftar hanya terpilih 60 mahasiswa untuk dibimbing dalam kursus itu. Pembelajaran yang dijalankan memang utama belajar bahasa dan budaya Turki.

“Kita juga akan membuat kelompok belajar bahasa arab dan bahasa inggris, piknik alam sambil cengkarama, juga study tour ke Sekolah Turki,”ungkapnya.

Azmi Diyasari mahasiswa  yang masuk dalam kursus bahasa dan budaya Turki mengatakan, bahwa selama mengikuti kegiatan ini positif sekali, sebab dengan adanya kerja sama seperti ini dapat bertukar budaya dan bahasa dengan negara Turki. Diluar dari dominasi kesamaan agama dan ciri yang mirip apalagi kalau melihat sejarah Indonesia dan Turki yang hampir sama.

“Kerja sama seperti ini juga menjadi langkah awal bagi kita untuk membangun kerja sama dengan masyarakat Turki pastinya,”ujarnya.

 

TEKS         : Ellyvon Pranita (MG)

EDITOR     : ROMI MARADONA

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *