Penderita ISPA Meningkat

PALEMBANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, Anton Suwindro mengatakan, jumlah penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) sepanjang Januari 2014 lalu, sebanyak 15.974 orang.

Jumlah ini menurut Anton, meningkat dibandingkan pada Januari 2013. “Tahun 2013 lalu, ada 13.535 penderita. Ada peningkatan sebanyak 2.439 penderita dibandingkan tahun lalu,” ujar Anton, kemarin seperti dikutip buletinmetropolis.com.

Anton menyebut, permukiman padat penduduk yang kerap dilintasi kendaraan umum adalah lokasi terbanyak penderita ISPA. Sebabnya, polusi asap kendaraan. Penyakit ini sendiri bisa menyerang siapa saja, tua, muda, hingga anak-anak.

Anton menambahkan, ISPA juga dipicu asap rokok. Terkait hal ini, Dinkes Palembang terus melakukan sosialisasi Perda Nomor 7 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Salah satu bentuk sosialisasi, yakni menempelkan stiker KTR di sejumlah tempat, antar lain kendaraan umum.

Anton mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker saat ke luar rumah, terutama jika menggunakan kendaraan. “Kami juga imbau masyarakat untuk banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayur, karena bermanfaat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, warga juga harus membiasakan hidup bersih dan sehat,”  tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *