Belanja Pegawai Capai 44 Persen

PAGARALAM – Guna mengantisipasi tingginya anggaran belanja pegawai,  Pemerintah Kota Pagaralam untuk sementara waktu akan menunda penerimaan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) Pagaralam tahun 2014. Mengingat anggaran belanja untuk pegawai saat ini mencapai sekitar 44 persen dari jumlah Anggaran Pendapatan Belanda Daerah (APBD) Kota Pagaralam. Itu artinya, belum  bisa dipastikan untuk melakukan penerimaan CPNS dalam waktu dekat berikut disesuaikan dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) 2014. Demikian dikemukakan Wali Kota pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni, kemarin (3/3).

Menurut Ida, guna mengantisipasi membengkaknya belanja pegawai, Pemkot Pagaralam akan menunda penerimaan CPNS. “Kita menyesuaikan anggaran belanja pegawai, jangan sampai angka tersebut melampaui belanja untuk pembangunan,” terangnya.

Lanjutnya,  sejauh ini belanja untuk pegawai dengan belanja untuk membiayai program pembangunan masih seimbang. Sementara untuk penerimaan pengawai tentunya mesti mempertimbangkan terlebih dahulu anggaran yang ada saat ini agar nantinya tidak melampaui untuk biaya pembangunan.

“Jika untuk belanja pegawai melampaui biaya pembangunan, tentunya dapat memperhambat lajunya pembangunan. Saat ini sekitar 56 persen APBD Kota Pagaralam untuk belanja pembangunan,” ujarnya seraya berkata  untuk belanja pegawai harus diperhitungkan dengan matang, karena dalam waktu setahun saja butuh anggaran yang tak sedikit.

Kendati demikian kata Ida, jika Pemerintah Kota Pagaralam tetap melakukan penerimaan pegawai, dapat dipastikan  akan membebani biaya belanja pegawai itu sendiri.

“Untuk sementara waktu, lebih baik kita optimalkan kinerja pegawai yang ada  melalui pelatihan-pelatihan  yang ada guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal,” tegasnya.
TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *