Ibu di Palembang Wajib Berikan ASI

Ilustrasi | medisian.blogspot.com

Ilustrasi | medisian.blogspot.com

PALEMBANG – Kedepan, ibu-ibu di Palembang yang mempunyai anak dibawah lima tahun (balita), wajib memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada anaknya. Kewajiban ini, akan diatur dalam Peraturan Daerah (Perda), yang tengah dirancang oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

“Saat ini draf raperdanya, sudah masuk dalam program legislasi daerah (prolegda). Ini dilakukan, karena pentingnya ASI ekslusif bagi anak,” kata Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Politik Hukum dan HAM, Edwar Julartha, belum lama ini.

Menurut Edwar, intervensi pemerintah ini dilakukan, dalam mendukung tumbuh kembangkan anak dengan sehat. Karena perkembangan generasi muda sangat penting. Sebut Edwar, dengan diaturnya pemberian ASI ekslusif dalam Perda ini, diharapkan dapat mengefektifkan dalam mendorong kesadaran masyarakat, dalam memberikan kesempatan kaum ibu untuk menyusui.

“Dalam Perda ini tidak hanya mengatur kaum ibu harus memberikan ASI ekslusif, tapi juga mengatur agar masyarakat memberikan kemudahan bagi kaum ibu memberikan ASI di berbagai tempat,” bebernya.

Sambungnya, pemerintah juga akan mempersiapkan fasilitas pendukung untuk pelaksanaan pengaturan pemberian ASI eksklusif tersebut, agar ketika ingin menyusui ada tempat yang nyaman di tempat umum. “Nanti akan dilakukan koordinasi dengan pihak terkait, akan adanya tempat pemberian ASI bagi ibu menyusui di tempat umum,” ujarnya.

Lebih jauh Edwar menjelaskan, ASI bukan hanya sangat dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi, tetapi paling efektif untuk mencegah kematian. ASI juga terbukti mampu melawan berbagai penyakit berdasarkan hasil penelitian sejumlah ahli kesehatan.

“Tahun ini ada 23 Raperda yang disetujui lembaga legislatif untuk dilakukan pembahasan. Selain Raperda ASI eksklusif, juga diajukan Raperda gratis biaya cetak kartu tanda penduduk dan standar akuntansi pemerintahan,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR           : DICKY WAHYUDI

 

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com