Banyak Hotel tak Miliki Izin

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Hotel-hotel baru, kini mulai berdiri di Palembang. Sayangnya tidak semua hotel tersebut, yang memiliki izin. Hotel-hotel tersebut disinyalir, hanya memiliki izin pendirian bangunan saja.

Anggota Komisi III DPRD Kota Palembang, Hidayatullah menyebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang harus jeli menyikapi persoalan ini. Menurutnjya, banyak bangunan yang dulunya hanya IMB nya untuk rumah toko (Ruko) kini berubah fungsi menjadi hotel.

“Banyak hotel tersebut, belum merubah izinnya dari bangunan yang dulunya ruko menjadi hotel. Harusnya izin tersebut, di revisi.  Karena ini berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Hidayatullah, kemarin.

Ia menyebut, pemkot saat ini tidak jeli. Pengawasan dari dinas terkait sebutnya, juga lambat dan lembah. Menurutnya, Dinas Tata Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) harus cepat ambil tindakan,  jangan sampai semua ruko yang ada di metropolis ini berubah bentuk menjadi hotel, pemkot baru ambil tindakan. “Syarat untuk mendirikan hotel, tidaklah mudah, karena pengusaha harus penuhi izin, misalnya izin edvis planning, izin kajian lalu lintas dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kata Hidayatullah, dalam mengurus izin kajian lalu lintas, Dinas Perhubungan dan Sat Lantas harus diikut sertakan. Karena kedua pihak tersebut yang mengerti, jangan sampai salah memberikan izin, dampaknya sangat patal apabila salah.

“Misalnya sebuah hotel memiliki 40 kamar, nah secara otomatis pengusaha harus sediakan 40 mobil tempat parkir, tapi kenyataannya sekarang tidak seperti itu. Contohnya hotel Rio, Hotel Emilia, Hotel Duta, Hotel Best Skip, Barong dan masih banyak lagi hotel yang tidak penuhi syarat ketentuan,”sebutnya.

Lebih jauh Hidayatullah menjelaskan, Palembang memang butuh investor untuk memajukan kota. Namun, pemkot juga harus memperhatikan banyak hal terkait, dalam mengeluarkan izin. “Dampak lingkungan, pengolahan limbah hotel, dan lain sebagainya juga harus diperhatikan,” katanya.

Hidatatullah berharap, pemkot segera turun ke lapangan untuk mengecek kelengkapan izin hotel-hotel di Palembang. Selain izin, fasilitas yang dimiliki hotel tersebut terutama dengan keselamatan pengunjung hotel juga harus diperhatikan.

“Jika memang hotel tersebut tidak memenuhi syarat kelengkapan, tutup saja hotel tersebut, jangan sampai masyarakat yang harus dirugikan. Pemkot harus berani bertindak tegas, “ tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *