Iskandar Launching Program 1000 Hari Pencanangan Sadar Gizi

Bupati OKI, Iskandar SE, saat periksa tensi darah

Bupati OKI, Iskandar SE, saat periksa tensi darah

 

  • Masyarakat OKI Harus Sehat

KAYUAGUNG I KS-Launching program 1.000 hari pencanangan sadar gizi di Desa Lebung Batang, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) disambut antusias masyarakat. Melalui program ini selama kepemimpinannya, Bupati OKI, Iskandar SE berharap warga OKI dari semua kalangan tidak ada lagi yang dinyatakan kurang gizi. Sebab itu, dalam program ini dia meminta kepada instansi terkait di jajaran pemerintah kabupaten OKI dapat mendukung dan mensukseskan program 1000 hari pencanangan sadar gizi itu.

Kata Iskandar, lewat program ini, nantinya akan berimplementasi pada pembangunan OKI yang berkualitas dengan didukung oleh kualitas sumber daya manusia.

“Untuk mewujudkan itu semua pastinya anak-anak kita harus diperhatikan asupan gizinya agar menjadi orang yang cerdas dan berguna bagi masyarakat banyak,” terangnya di depan masyarakat Lebung Batang, Kamis (6/2).

Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes, menambahkan, untuk menindaklanjuti dari kegiatan launching program tersebut sedikitnya 96.848 ibu dan anak bayi maupun balita di Kabupaten OKI menjadi sasaran pemberian gizi, dalam program pemberian vitamin A.

Hal ini berdasarkan gerakan yang diamanatkan Kementrian Kesehatan, Pemkab OKI melakukan program gerakan sadar gizi.

“Di OKI ada    sebanyak 96.848 ibu dan anak jadi sasaran program pemberian vitamin A 2014,” cetusnya.

Rincian dari jumlah tersebutnnya, sambung  Lubis, pemberian gizi untuk bayi umur 0-12 bulan sebanyak 17.042, kemudian untuk balita umur 1-59 bulan sebanyak  61.903 Kemudian untuk ibu bersalin sebanyak 17.903.

“Kita yakin program tersebut dapat terealisasi sesuai dengan target akan kita capai,” ucapnya.

Menurut Lubis, program pemberian vitamin A di OKI tahun 2013 sudah mencapai target. Cakupan vitamin A untuk bayi sebesar 90 persen, anak balita sebesar 81,48 persen, dan ibu nifas sebesar 95,71 persen.

“Pemberian vitamin untuk bayi dan ibu ini tujuanya tidak lain untuk menekan angka kematian ibu dan anak di OKI. Dan, untuk menjadikan anak-anak di OKI tumbuh menjadi anak yang berkualitas,” terangnya.(ADV)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *