Warga Harapkan Penambahan Talut

Warga Harapkan Penambahan Talut

Warga Harapkan Penambahan Talut

MUARADUA, KS-Warga Desa Suka Banjar, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan kembali menganggarkan dana untuk penambahan panjang talut (tembok penahan air) di desa mereka.

Pasalnya menurut Kepala Desa (Kades) Suka Banjar,  Haidi Amri, talut yang sudah dibangun oleh Pemkab OKU Selatan, kurang memadai untuk menahan derasnya air Sungai Selabung yang mengalir di desa mereka.

“Talut yang sudah dibangun, masih belum bisa mengatasi derasnya aliran air Sungai Selabung. Kami kuatir, jika talut tidak diperpanjang maka air akan terus mengikis pinggiran sungai,” kata Haidi ketika dibincangi, Kamis (2/1).

Penambahan panjang talut tersebut sambungnya, juga penting untuk menahan meluapnya air Sungai Selabung agar tidak merendam kebun dan rumah-rumah warga. Sebab kata Haidi, sebelumnya luapan air Sungai Selabung, sempat merendam pemukiman warga.

“Setidaknya, butuh perpanjangan talut hingga 500 meter dengan ketinggian sekitar empat meter. Jika itu dibangun, saya yakin itu bisa menahan derasnya aliran air Sungai Selabung,” ucapnya.

Haidi menambahan, Pemkab OKU Selatan juga telah tengah membangun jembatan penyeberangan di Desa Banjar. Selama perbaikan jembatan tersebut, masyarakat terpaksa menggunakan lanting (rakit), yang terbuat dari bambu untuk menyeberang ke desa-desa lainnya.

Walau pun begitu sambungnya, warga tidak terlalu mempermasalahkan. Apalagi kontraktor yang mengerjakan pembangunan jembatan tersebut bebernya, menyediakan transportasi penyeberangan untuk warga.  “Namun yang paling mendesak,adalah penambahan panjang talut.Karenanya kami berharap Pemkab OKU Selatan, bisa segera merealisasikannya,” tukasnya.

 

TEKS              : FITRI/EDI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com