BNNK ‘Bidik’ Pelajar

bnn

INDRALAYA KS-Upaya Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI), melalui Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) untuk membersihkan Ogan Ilir dari bahaya narkoba nampaknya tidak main-main. Usai test urine kepada pejabat eselon III dan IV di tingkat kecamatan, kini  BNNK ‘membidik’ pelajar baik  SMP dan SMA/SMK untuk melakukan test urine.

Kepala BNNK OI, Dirowardi,  Ahad (29/12) mengatakan, sebagai langkah dalam upaya membersihkan Ogan Ilir dari bahaya narkoba, pihaknya saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi dan test urine.

“Beberapa waktu lalu kita test urine kepada pejabat eselon III ti tingkat kecamatan. Nanti kita akan test urine kepada pelajar. Pasti waktunya kita rahasiakan,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain melakukan  test urine, akan dilakukan juga test fisik. “Misalnya, melihat pada sketsa wajah, kan kalau siswa dan siswi mengkonsumsi narkoba akan jelas terlihat pada bagian mata dan wajah. Biasanya mata pengkonsumsi barang haram ini mulai kotor dan wajah nya kelihatan lusuh,” urainya.

Sambung Diro, hasil test urine bukan merupakan barang bukti, namun sebagai bukti penguat yang dapat kita kembangkan dan perdalami, apakah pelajar mengkonsumsi narkoba hanya sebatas Drug User ( Pengguna) atau sebagai Drug Dealer (pengedar).

“Jika levelnya sudah pengedar, maka pelajar tersebut berbahaya bagi pelajar lainya,” katanya.

Dalam memberantas narkoba baik pengguna maupun pengedar, masih kata Diro, pihaknya tidak bekerja sendiri, melainkan menggandeng beberapa pihak seperti tokoh masyarakat serta organisasi kepemudaan.

“Ya, pastinya kita akan gandeng semua pihak. Masyarakat juga punya andil untuk ikut memberantas narkoba,” tutupnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

Editor :Rinaldi Syahril




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *