Memacu PAD Lewat PBB

Hl----caption-;-Gapura-Kota-Prabumulih

PRABUMULIH | KS – Guna memacu peningkatan Pajak Asli Daerah (PAD), Pemerintah Kota Prabumulih pada 1 Januari 2014 akan mengambil alih pengelolaan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009. Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah akan mengelola pajak daerah. Adanya pengambil alihan PBB ini, maka pengelolaannya baik perkotaan maupun  pedesaan dapat ditingkatkan dan digenjot.

Ujang Sukarman, Kepala DPPKAD Prabumuli kepada Kabar Sumatera, Senin (23/12) menyebutkan, dengan dialihkannya pengelolaan PBB pada 1 Januari 2014 diharapkan bisa memacu PAD.

Sedangkan Ramdanu Maltis, Kepala Kantor Pajak Pratama Prabumulih manambahkan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 28 tahun 2011 tentang pajak daerah diharapkan PBB di  pedesaan lebih optimal. Dan, dengan adanya Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan pembayaran pajak bumi dan bangunan dapat dilayani.

“Itu menjadi tanggung jawab daerah khususnya DPPKAD,” cetusnya.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, tampak pembayaran PBB masih dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Prabumulih dan dibayarkan ke Bank BRI. Sedangkan pengalihan penagihan pembayaran PBB yang dikelola oleh Unit Pelaksana Tekhnis Daerah Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (UPTD PBB-P2) akan dibayarkan melalui Bank Sumsel Babel.

 

TEKS:IRSAN MATONDANG

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *