Penertiban Belum Juga Dilakukan

*Pelanggaran Pemasangan Atribut Kampanye

Tampak atribut Caleg yang semrawut di pintu gerbang komplek OPI, Jakabaring, Palembang, Beberapa waktu lalu. Foto ; Iwan Cheristian

Tampak atribut Caleg yang semrawut di pintu gerbang komplek OPI, Jakabaring, Palembang, Beberapa waktu lalu. Foto ; Iwan Cheristian

PALEMBANG, KS-Walau pelanggaran terhadap pemasangan atribut kampanye luar ruangan, baik yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) dan partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014, marak terjadi di Palembang namun sampai saat ini belum juga dilakukan penertiban.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palembang sendiri mengaku, sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, untuk menertibkan pemasangan atribut kampanye luar ruangan yang melanggar tersebut.

“Kita tidak punya kewenangan, untuk melakukan penertiban. Itu kewenangan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang. Namun rekomendasi, untuk penertiban sudah kita keluarkan ke KPU Palembang,” kata Ketua Panwaslu Kota Palembang, Riduwansyah ketika dibincangi, Selasa (18/12).

Jika penertiban tidak juga dijalankan, Panwaslu sebut Riduwansyah, akan mengeluarkan rekomendasi ulang ke KPU. “Namun kita lihat dulu perkembangannya, jika memang belum ditertibkan maka kita keluarkan rekomendasi ulang, agar dilakukan penertiban terhadap atribut kampanye yang melanggar,” tegas Riduwansyah.

Ia menjelaskan, kewenangan Panwaslu memang dibatasi dalam Pileg 2014. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nomor 4 tahun 2013 tentang Tata Cara Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD 2014,  panwaslu hanya bisa memberikan rekomendasi penertiban ke KPU dan pemerintah setempat.

Namun sambungnya, Panwaslu tetap mengerahkan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), guna mencegah terjadinya pelanggaran pemasangan atribut kampanye luar ruangan tersebut. “Kita juga  mengajak KPU dan Sat Pol PP, untuk duduk satu meja untuk membahas penertiban terhadap atribut kampanye yang melanggar aturan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani mengaku rekomendasi dari Panwaslu Kota Palembang sudah diterima. Bahkan KPU jelasnya, juga sudah mengeluarkan rekomendasi agar Sat Pol PP segera penertiban atribut kampanye yang melanggar tersebut.

“Kita sudah membentuk tim yang melibatan Sat Pol PP dan Panwaslu, untuk penertiban tersebut. Namun kapan penertibannya dilaksanakan, waktunya kita serahkan dengan Sat Pol PP,” ungkapnya.

KPU sambungnya, juga sudah memperingatkan caleg dan parpol untuk menertibkan sendiri atribut kampanye milik mereka yang melanggar. “Kalau mereka tidak juga menertibkan, jangan salahkan kita jika secara paksa atribut tersebut kita tertibkan secara paksa,” tegasnya.

Dibincangi terpisah,  Kepala Sat Pol PP Kota Palembang, Tatang Duka Reja mengaku belum bisa menertibkan atribut zona kampanye, karena belum menerima rekomendasi dari Panwaslu Kota Palembang.

“Kita tak tahu zona dan mana saja yang melanggar, jadi belum bisa menertibkan. Sementara kita hanya menertibkan berdasarkan Perwali nomor 9 tahun 2009 saja. Diluar itu, kita menunggu koordinasi dari Panwaslu dan KPU Palembang,” tukasnya.

 

TEKS              : DICKY WAHYUDI

EDITOR         : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *