Menuju Sekolah Bertaraf Internasional

gerbang depan sekolah yang masih menggunakan nama lama. foto shindi rahayu

Gerbang depan sekolah yang masih menggunakan nama lama. Foto : shindi rahayu

BANYUASIN | KS-Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) yang terletak di Jalan Palembang-Jambi Km. 29 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Kini berganti nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Sembawa.

Sekolah yang berdiri pada tahun 1955 dan memiliki Sertifikat ISO 9001: 2008 diregistrasi oleh VEDCA-IQS untuk ruang lingkup Sistem Manajemen Mutu bagi Jasa Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan ini menggunakan sistem pembelajaran, 70% praktek 30% teori.

Yudi Astoni, wakil kepala sekolah bidang pengajaran kurikulum mengatakan, sekolah pertanian ini  bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan. “Visi sekolah kita yaitu terwujudnya SMK-PP Negeri Sembawa bertaraf internasional yang handal dalam menghasilkan teknisi menengah dan calon wirausahawan muda di bidang pertanian,”katanya

Selain itu, untuk meningkatkan status sekolah bertaraf Internasional SMK-PP Negeri Sembawa  telah bekerja sama dengan lembaga internasional dalam bentuk Sister School dan Feeder School serta beberapa perusahaan swasta di bidang perkebunan di Propinsi Sumatera Selatan.

Sesuai dengan namanya sekolah ini memiliki program studi unggulan yaitu; program studi Tanaman Pangan dan Hortikultural (TPH) yang memiliki akreditasi B (baik) di tetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dan Tanaman Perkebunan dengan akreditasi A (amat baik).

Hal ini terbukti dari jumlah siswa yang naik kelas maupun lulus 100% setiap tahunnya. Untuk tahun ajaran 2011/2012 tercatat total keseluruhan siswa berjumlah 468 siswa. Untuk siswa kelas 1 berjumlah 161 siswa, sedangkan kelas 2 berjumlah 153 siswa dan untuk kelas 3 berjumlah 154 siswa. Semua siswa tersebut seluruhnya naik kelas dan untuk siswa kelas 3 lulus 100%.

Sedangkan total keseluruhan siswa tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 462 siswa yang berasal dari berbagai macam daerah maupun kota. Hal tersebut membuktikan keberadaan SMK-PP Negeri Sembawa bisa diperhitungkan.

 

Teks: Shindi Rahayu/MG

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *