Pemilih Pemula Capai 30 Persen

 

PALEMBANG, KS-Jumlah pemilih pemula atau pemilih yang baru pertama menggunakan hak pilihnya, di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang di Palembang, jumlahnya mencapai 30 persen dari total pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Jumlah tersebut kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang, Altur Febriansyah didapatkan dari hasil pendataan yang dilakukan Kesbangpol. Pemilih pemula tersebut jelas Altur, harus diajak untuk menggunakan hak pilihnya sehingga tingkat partisipasi pemilih di Kota Palembang, bisa tinggi.

“Karenanya kita gencar melakukan sosialisasi Pileg 2014, kepada pemilih pemula. Tujuannya, agar mereka berpartisipasi aktif di Pileg, April 2014 mendatang,” kata Altur yang dibincangi, Selasa (10/12).

Kesbangpol jelas Altur, telah melakukan sosialisasi di 16 kecamatan di Kota Palembang. Itu tegasnya, mereka lakukan untuk mengurangi angka golongan putih (golput). “Angka golput di Palembang cukup tinggi, oleh karenanya perlunya sosialisasi,”terangnya.

Altur menyebutkan, mereka fokus melakukan sosialisasi di pemilih pemula karena angka golput di pemilih pemula cukup tinggi. “Sosialisasi yang kita lakukan, cukup disambut antusias oleh pemilih pemula,” ujarnya seraya menyebut dalam  melakukan sosialisasi tersebut, Kesbangpol dibantu kalangan akademisi di Palembang.

“ Dalam sosialisasi tersebut, kami mengajak pemilih pemula untuk berdiskusi agar mereka terbuka wawasannya, mengenai pentingnya suara mereka dalam Pileg 2014 mendatang,” sambungnya.

Altur menambahkan, dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan, ia optimis tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat Pileg 2014 mendatang di Palembang bisa meningkat.

“Jika di pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Sumsel lalu, tingkat partisipasi pemilih di Palembang mencapai 70 persen, maka di Pileg nanti kita targetkan tingkat partisipasi mencapai 85 persen, “ harapnya.

Sosialisasi beber Altur, tidak hanya dilakukan Kesbangpol terhadap pemilih pemula saja tetapi juga kepada semua masyarakat Kota Palembang. “Kita memasang reklame dan baliho, di sejumlah titik strategis di Palembang. Isinya, ajakan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pileg 2014 nanti,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *