2014, Rakyat OI Nikmati Jaringan Pipa Gas

gas

Ilustrasi Gas

INDERALAYA KS-Keinginan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI) khususnya yang bermukim di tiga kecamatan yakni Kecamatan Inderalaya, Inderalaya Utara, dan Kecamatan Inderalaya Selatan menikmati jaringan pipa gas rumah tangga. Direncanakan pada 2014, rakyat OI pun bisa menikmati jaringan pipa gas.

Jaringan Pipa gas ini merupakan program Kementrian Energi Sumber Daya dan Mineran (ESDM) nampaknya akan segera terwujud. Jika tak ada aral melintang, Juli 2014 mendatang bangunan jaringan pipa gas tersebut dapat dinikmati sebanyak 4.000 pelanggan yang berada di tiga kecamatan OI.

“Berdasarkan rencana di Juli 2014 ada 4.000 pelanggan yang bakal menikmati proyek jaringan pipa gas rumah tangga. Dan, saat ini semua jaringan pipa gas itu  tengah dikerjakan connecting ke seluruh rumah penduduk,” demikian kata H Sobli Sekda Ogan Ilir di sela-sela acara sosialisasi tahap ke-2 proyek jaringan pipa gas di Gedung Lembaga Pendidikan Mutu Penjamin (LPMP), Kota Inderalaya, Selasa (3/12).

Ujar Sobli, daerah OI patut bersyukur bisa terpilih dari 16 kabupaten dan kota se Indonesia yang mendapat jaringan pipa gas rumah tangga. Padahal OI sendiri dikenal bukan penghasil gas.

“Ya, perlu diketahui, Ogan Ilir tidak mempunyai sumber gas, tapi bisa menjadi salah satu yang masuk dalam proyek pembangun jaringan gas rumah tangga. Ini patut disyukuri,” tuturnya.

Sambung Sobli, dengan adanya jaringan pipa gas ke rumah penduduk tentunya akan lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan tabung gas yang selama ini digunakan masyarakat.

“Jelas lebih efisien dibandingkan dengan gas yang selama ini dipakai. Sosialisasi yang dilakukan bertujuan agar masyarakat paham dan mengerti apa itu pipa gas rumah tangga,” katanya.

Ia pun berharap, agar semua permasalahan yang ditimbul di lapangan dapat segera diselesaikan. Contohnya pembangunan jaringan pipa gas rumah tangga  ada yang merusak jaringan pipa PDAM. Akibat air tidak bisa mengalir ataupun jadi keruh.

Sementara itu,  Ditjen Migas diwakili Binarga Muncany didampingi Konsultan Jaringan Pipa Gas, Yuyon Fahmi memaparkan, saat ini proses pemasangan jaringan pipa gas rumah tangga sudah mencapai 80 persen. Diharapkan akhir Desember 2014 pengerjaannya selesai 100 persen.

“Kita sudah melakukan sosialisasi tahap ke-1 mengenai jaringan pipa gas yang bakal masuk kerumah penduduk,” ujar Binarga.

TEKS:JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *