Alokasi Dana 1 Milyar 1 Desa Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat

anggaran

SEKAYU I KS – Program Alokasi Dana Desa  Rp 1 Milyar 1 Desa’ diperuntukkan untuk memacu percepatan  pembangunan di desa-desa dalam Kabupaten Musi Banyuasin, dimana melalui program ini, masyarakat dan perangkat desa terlibat secara langsung merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan di wilayahnya.

Guna memastikan pelaksanaan alokasi dana tersebut serta memantau langsung kemajuan pembangunan di perdesaan, Bupati Musi Banyuasin H Pahri Azhari beserta rombongan melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan fisik konstruksi dan Alokasi Dana Desa Tahun 2013, di Kecamatan Plakat Tinggi dan Kecamatan Sungai Keruh, Senin (11/11) kemarin.

Bupati Muba, H Pahri Azhari dalam sambutannya mengimbau masyarakat untuk bersama Pemkab  Muba mengawasi pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) 1 Milyar 1 Desa. Menurutnya Kades beserta masyarakatlah yang lebih mengetahui program pembangunan di desanya, mana saja yang harus di utamakan agar alokasi dana desa 1 milyar 1 desa dapat terlaksana efisien dan tepat sasaran, sebab hingga saat ini masih banyak sekalim jalan-jalan poros yang kondisinya kurang baik dan harus diperbaiki guna mendukung percepatan perekonomian masyarakat.

“Program 1 Milyar 1 Desa adalah satu-satunya program di Sumsel, program ini sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, dan harus diawasi penerapannya bersama-sama agar tepat sasaran. Tahun depan Pemkab Muba akan menaikkan honor pengelola ADD 100% agar kinerjanya semakin maksimal, mengingat ADD adalah cikal bakal APBD desa,” tegasnya

Bupati Muba H Pahri Azhari juga menambahkan ada dua tahapan yang paling diutamakan dalam pelaksanaannya Alokasi Dana Desa (ADD), yaitu pembangunan insfrasuktur  dan bantuan ekonomi produktif, seperti Pemberian bantuan bibit sawit, karet, perternakan dan masih banyak lainnya. Pembangunan infrastruktur seperti jalan setapak itu diperioritaskan untuk masyarakat banyak, bukan untuk kepentingan pribadi individu atau pejabat setempat, tandasnya.

Di Desa Air Putih Ulu (C1) Kecamatan Plakat Tinggi yang berpenduduk 841 KK atau 3036 jiwa, Bupati Muba H Pahri Azhari meninjau peningkatan jalan dalam desa dengan cor beton, pemasangan paving block halaman Masjid Al-Huda, pembangunan los pasar 60 unit, dan rehap berat Poskesdes Desa Air Putih Ulu. Di Desa Sidorahayu, meninjau pembangunan ruko di pasar desa, penataan halaman dan pagar kantor kepala desa serta pembangunan jalan dalam desa dengan cor beton.

Usai memonitoring pembangunan dari Kecamatan Plakat Tinggi, bupati beserta rombongan menuju Desa Keramat Jaya Kecamatan Sungai Keruh. Menurut Kepala Desa Keramat Jaya, Irwanto, pada tahun 2012 Desa Keramat Jaya mendapatkan ADD sebesar Rp 100 juta yang diperuntukkan untuk membangun lapangan bulu tangkis dan mushola. Di tahun 2013 mendapatkan ADD sebesar Rp 845 juta, yang dialokasikan untuk pembangunan fisik berupa pembangunan masjid, jembatan cor beton, bibit karet, serta bantuan ternak kambing untuk 40 KK masing-masing mendapatkan 3 (tiga) ekor kambing. Selain Desa Keramat Jaya bupati beserta rombongan juga meninjau pembangunan di Desa Mekar Jaya dan Desa Jirak Kecamatan Sungai Keruh.

Teks: Bagus Santosa

Editor: Sarono P Sasmito

author

Author: