Banyak Proyek, Pesanan Batu Bata Meningkat

Pembuat Batu Bata

Pembuat Batu Bata


PALEMBANG | KS-Banyaknya proyek pembangunan perumahan di Kota Palembang, membawa keuntungan tersendiri bagi pembuat batu bata. Permintaan pada bahan baku utama bangunan ini meningkat tajam.

Irma, salah seorang pemilik usaha Batu bata, di Jalan Letnan Mukmin Talang Jawa Palembang mengatakan, dirinya cukup kewalahan untuk melayani pesanan baik dari para kontraktor ataupun pesanan langsung dari masyarakat. “Dalam sehari tempatnya mampu mencetak 3 ribu bata mentah. Proses membuat batu bata sendiri butuh waktu yang lumayan lama,” ungkapnya Selasa (26/11).

Banyaknya pesanan dan minimnya stok, membuat usahanya kewalahan untuk menghadapi konsumen. Untuk harga batu bata Rp 600 per buah. Omzet penjualan dari batu bata dalam satu bulan mampu mencapai Rp 20 hingga Rp 30 juta.

Sementara itu Asmawi yang juga pemilik usaha batu bata dikawasan yang sama mengungkapkan, memasuki musim hujan ini jumlah pemesan batu bata mengalami peningkatan. Menurutnya, peningkatan akan pembeli batu bata dikarenakan semakin banyak pembangunan di Kota Palembang terutama pembangunan gedung serta perumahan.

“Dalam sehari usaha tempatnya mampu menproduksi batu bata sebanyak 3 hingga 5 ribu, dengan dibantu oleh 4 karyawan,” katanya.

Dikatakannya, satu batu bata dirinya menjual dengan harga Rp 425 untuk jenis batu bata merah (biasa), sedangkan untuk batu bata merah (oven) Rp 600. Omzet penjualan dalam sebulan dirinya mampu meraup untung lebih kurang Rp 20 hingga Rp 30 juta tergantung dengan pembeli.

Hepni salah satu pembeli batu bata mengungkapkan, membeli batu bata ini digunakan untuk membangun rumah. Menurutnya, batu bata yang berada dikawasan Talang Jawa terkenal bagus dan kualitasnya cukup baik.

“Saya sudah dua kali membeli batu bata disini, selain harga yang cukup terjangkau kualitas batu batanya sangat bagus,” katanya.

TEKS : AMINUDDIN
EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *