Sri Kustina Heri Resmikan Penanaman 17.000 Pohon

Ketua Tim Penggerak PKK, Ir Hj Sri Kustina Heri melakukan penanaman bibit sirsak di Talang Rimba Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi, Rabu (20/11) menandai gerakan penanaman 17.000 pohon.

Ketua Tim Penggerak PKK, Ir Hj Sri Kustina Heri melakukan penanaman bibit sirsak di Talang Rimba Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi, Rabu (20/11) menandai gerakan penanaman 17.000 pohon.

PALI | KS – Gebyar penanaman penghijauan dengan melakukan tanam pohon secara masal ikut menggema di kabupaten PALI. Setelah Pertamina EP Pendopo Field menanam 22.000 pohon, kini giliran Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten PALI menanam 17.000 pohon.

Untuk memulai gerakan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pali, Ir Hj Sri Kustina melakukan penanaman bibit sirsak di Halaman UPTD Dinas Pertanian dan Kehutanan di Talang Rimba Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi, Rabu (20/11).

Simbolis penanaman ini, disaksikan oleh seluruh petugas penyuluh lapangan (PPL) yang ada di Kabupaten PALI.

Romli Hofiah, Kepala Dinas pertanian dan Kehutanan usai acara mengatakan, program penanaman 17.000 pohon ini merupakan program Pemkab PALI dalam rangka mendukung program pemerintah pusat dalam mengatasi dampak pemanasan global. Disamping itu, diharapkan program ini dapat mengenalkan jenis tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Banyak jenis tanaman kita yang hampir tidak ada lagi. Nah, dengan program inilah saatnya kita kenalkan. Lagipula kita perlu memberikan pembelajaran kepada masyarakat tentang manfaat pohon yang bisa dijadikan obat herbal,” kata Romli Hofiah.

Sambungnya, sebanyak 17.000 bibit ini akan dibagikan kepada seluruh masyarakat. Masing-masing kecamatan akan mendapatkan porsi sesuai luasan wilayah. Diharapkan masyarakat dapat menanam pepohonan ini dipekarangan dan areal kosong lainnya sehingga dapat lebih hijau dan membawa manfaat positif.

“Distanhut sudah menyiapkan berbagai jenis tumbuhan. Jenis yang dipersiapkannya antara lain sirsak, trembesi, Jabin, karas dan gaharu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program penghijauan ini akan menjadi agenda rutin bagi dinas yang mengurusi petani ini. Untuk mewujudkannya, saat ini distanhut Kabupaten PALI juga sedang melakukan penyemaian dan pengembangan bibit pohon afrika. “Saat ini ribuan bibit pohon Afrika ini sedang disemai di Halaman UPTD Pertanian,” pungkasnya.

Teks/Foto : Indra Setia Haris
Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com