“Majulah Kabar Sumatera”

Wali Kota Pagaralam saat menerima kunjungan kerja Harian Umum Kabar Sumatera

Wali Kota Pagaralam saat menerima kunjungan kerja Harian Umum Kabar Sumatera

PAGARALAM KS-Peranan media massa sebagai penyampai informasi dan sarana kontrol sosial, mesti lebih terfokus pada wawasan dan pencerdasan bangsa. Lewat momentum ini, jajaran Direksi  Harian Umum Kabar Sumatera yang dipimpin General Manajer NE Nugraha didampingi Pemimpin Redaksi Imron Supriadi, dan Wakil Pemimpin Redaksi Sarono P Sasmito menggelar audiensi dengan Ketua DPRD Kota Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE didampingi Kabag Humas Kun Widayasari SPd beserta Kasubag Humas Fifi SE, Se;asa (19/11) pukul 09.00 WIB.

Pada audiensi kali ini, Ketua DPRD Kota Pagaralam Ruslan Abdul Gani SE memberikan apresiasi kepada jajaran Direksi Harian Umum Kabar Sumatera yang konsisten mendukung keberadaan dan perkembangan media massa. Mengingat fungsi media massa itu sendiri merupakan modal penting dalam menambah wawasan dan mencerdaskan bangsa.

“Saya begitu meyakini bahwa media massa itu dapat menjadi motivasi pada masyarakat luas khususnya Kota Pagaralam dalam membangun negara ini. Selain itu, keberadaan media massa juga menjadi ajang pertukaran pengalaman dengan masyarakat setempat dan lainnya,” ungkap Ruslan.

Ia berucap, sejauh ini pihaknya merasakan dampak positif terhadap keberadaan media massa, dimana berbagai wawasan yang disajikan dalam wadah ini berdampak pada kecerdasan bangsa. Sehingga hal ini menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat luas.

“Memang, sejauh ini Kota Pagaralam sangat konsen dalam pembangunan, baik bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata dan lainnya. Namun semua itu tentunya tak terlepas adanya dukungan dari media massa,” sebutnya.

Suasana audiensi antara Harian Umum Kabar Sumatera dengan Ketua DPRD Kota Pagaralam berlangsung penuh keakraban dan diakhiri photo bersama guna mempererat hubungan silahturahmi.

Berikutnya, audiensi pun dilanjutkan bersama  pihak Pemerintah Kota Pagaralam, disambut langsung Wali Kota Hj ida Fitriati Basjuni yang didampingi Kabag Humas dan Protokol M Helmi SE MM, diruang kerja Walikota Pagaralam, tepatnya pukul 10.20 WIB.

“Animo masyarakat begitu tinggi terhadap minat membaca. Sebab itu, fungsi media sebagai penyampai informasi baik media cetak maupun elektronik, hendaknya jangan begitu terlalu berorientasi kepada bisnis semata. Karena media massa begitu berperan dalam meningkatkan wawasan dan mencerdaskan bangsa,” ucap Wali Kota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni saat audiensi.

Wali Kota bertutur, meskipun Harian Umum Kabar Sumatera baru usainya satu tahun, tetapi kolom informasi yang disajikan kepada masyarakat begitu berbeda, baik itu perwajahan hingga isi berita begitu memiliki ciri khas. Ia mengatakan, koran ini diyakini mampu bersaing dengan media lainnya yang ada di Sumatera Selatan khususnya.

 

“Sebagai wadah informasi, peranan media mesti mengedepankan kode etik jurnalistik maupun keberimbangan berita. Jangan sampai keluar dari koridor segmentasi awal dalam menyajikan berita untuk masyarakat luas, khususnya Kota Pagaralam,” pinta Ida.

Ujar Ida, keberadaan media massa hendaknya dapat bekerjasama secara bersinambungan dalam kemajuan di Bumi Besemah ini, sesuai dengan visi dan misi Kota Pagaralam Secerah Alam.

“Semoga Harian Umum  Kabar Sumatera dapat menjadi koran maju, terdepan dan berkembang dalam memberikan wawasan maupun mencerdaskan bangsa,” ujar Ida seraya menambahkan, bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran media ini di Pagaralam khususnya.

Kemudian Ida menambahkan, pihaknya menyambut baik program yang ditawarkanPemred Harian Umum Kabar Sumatera. Meski begitu, jika kesepakatan dalam kerjasama nantinya dilakukan, harus sama dan sejajar maupun saling menguntungkan, terlebih dampaknya kepada masyarkat.

“Saya berharap, Koran ini bisa membantu  Pemerintah Kota Pagaralam dalam menggugah pikiran para perantau di Bumi Besemah ini yang telah berhasil turut membangun di kampung halaman serta menciptakan kerinduan,” harapnya.

NE Nugraha, General Manajer menyebutkan, audiensi bersama Wali Kota Hj Ida Fitriati Basjuni, selain menjalin silatuhrahim denganPemerintah Kota Pagaralam, pihak manajemen pun menawarkan mitra kerjasama secara bersinergi baik dalam bentuk gagasan, wawasan, termasuk mengadakan pelatihan jurnalistik bagi pegawai dilingkungan Pemkot Pagaralam yang hendak mendalami dunia jurnalistik.

“Alhamdulillah, tampilan maupun penyajian isi berita agak berbeda dari lainnya. Harian Umum Kabar Sumatera lebih terfokus pada investigasi yang terarah, terutama terhadap berbagai permasalahan. Meski begitu, sebagai media massa sebagai penyampai informasi, tentunya lebih mengedepankan wawasan dan mencerdaskan bangsa,” sebutnya.

Dalam menjalankan tugas, sambung Imron Supriadi, Harian Umum Kabar Sumatera mesti berdiri pada koridor pers, berbuat global dan bertindak lokal. Sebagai media yang menyandang kata “Sumatera’’, media ini harus unggul, lebih efektif, efisien dan mendidik maupun dapat merubah pola pikir masyarakat.

“Paling terpenting, berita-berita yang kita disajikan mesti berdasarkan fakta dan berimbang. Sehingga Harian umum Kabar Sumatera dapat menjadi kepercayaan masyarakat,” kata pria yang menjabat Pemimpin Redaksi Harian Kabar Sumatera ini.

TEKS/FOTO:ANTON STEFEN

EDITOR:RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *