13 Tim Jelajahi Sungai Musi

13 tim dari dalam dan luar negeri, anak menjelajahi Sungai Musi sejauh 500 Km dalam Musi Triboatton 2013

13 tim dari dalam dan luar negeri, anak menjelajahi Sungai Musi sejauh 500 Km dalam Musi Triboatton 2013


SEKAYU, KS-Musi Triboatton 2013, Sabtu (16/11) malam, resmi dibuka oleh Wakil Menteri (Wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar di Gelanggang Remaja Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Ajang ini, diikuti oleh 13 tim dari dalam dan luar negeri ini. Dalam Musi Musi Triboatton 2013 ini, semua peserta akan menjelajahi Sungai Musi sejauh 500 kilometer (km), mulai dari hulu Sungai Musi di Empat Lawang dan finish di Palembang, pada 22 November mendatang.

“Musi Triboatton ini, momen yang tepat untuk menjual Sungai Musi sebagai tempat tujuan wisata. Apalagi Sungai Musi, menyimpan jejak peradaban masyarakat disepanjang sungai yang melintasi empat kabupaten dan satu kota tersebut,” kata Sapta, seperti dalam relese yang diterima Kabar Sumatera.

Ia menerangkan, kegiatan tersebut sengaja di fokuskan di Sungai Musi. Tujuannya, agar sungai terpanjang di Sumsel itu semakin dikenal masyarakat di Indonesia dan luar negeri. Apalagi ucapnya, selama ini Sungai Musi terkenal dari sisi historikal Sriwijaya.

Musi Triboatton, Sungai Musi kedepan tidak hanya akan dikenal dari sisi sejarahnya saja tetapi juga potensi wisatanya. Sepanjang Sungai Musi kata Sapta, memiliki keindahan alam yang luar biasa bagusnya, mulai dari Empat Lawang sampi ke Palembang.

“Sehingga Sungai Musi, memang layak dijual sebagai daerah destinasi wisata di Indonesia terutama untuk olahraga airnya. Dengan ajang seperti ini juga, kita harapkan perhatian pemerintah terhadap sungai semakin meningkat. Sehingga kualitas sungai pun, kian meningkat,” harapnya.

Musi Triboatton ini bebernya, sudah kedua kali dilaksanakan. Di ajang tersebut, semua peserta akan bersaing di tiga nomor yang diperlombakan yakni rafting, kayak dan dragonboat. “Empat tim dari luar negeri, yakni Singapura, Malaysia, Irlandia dan Inggris akan bersaing dengan atlet dayung terbaik tanah air,” ujarnya.

Sapta juga memberikan apresiasi, kepada Pemkab Muba yang bersedia menjadi tuan rumah pembukaan Musi Triboatton 2013. “Muba, tempat yang tepat untuk pembukaan Musi Triboatton. Kabupaten ini, menyimpan potensi wisata dan kuliner yang luar biasa. Sehingga tidak berlebihan, jika tahun-tahun selanjutnya pembukaan Musi Triboatton diselenggarakan disini,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel), Ishak Mekki menjelaskan, kesuksesan ajang yang sama tahun lalu memberikan dampak positif untuk Sumsel terutama untuk sektor wisata.

Ia yakin, Musi Triboatton akan semakin membuat nama Sumsel dikenal masyarakat internasional. “Melalui sport and tourism seperti ini, secara tidak langsung menyemarakkan Sumsel ke dunia internasional, dengan mengoptimalkan potensi Sungai Musi sebagai iconnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Muba , Pahri Azhari mengatakan, Muba siap untuk menjadi tempat pembukaan Musi Triboatton pada tahun-tahun mendatang. “Saya sudah berbicara, dengan pak wamen, kalau Muba siap untuk menjadi tuan rumah pembukaan Musi Triboatton pada tahun-tahun selanjutnya,” tukasnya.

Teks : Bagus Santoso
Editor : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *