Zona Kampanye Belum Juga Ditetapkan

pemilu

*Untuk Pileg di Sumsel

PALEMBANG, KS-Penetapan zona kampanye di Sumatera Selatan (Sumsel), hingga saat ini belum juga usai. Padahal seharusnya sesuai dengan tahapan pemilihan umum (pemilu), penetapan zona kampanye tersebut sudah harus selesai pada akhir September lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mencatat, hingga saat ini baru 11 kabupaten dan kota yang telah melaporkan tentang zona pemasangan alat peraga kampanye untuk pemilu legislatif (pileg) 2014 tersebut.

“Zona kampanye ini, sangat mendesak. Karena kemungkinan, ada kampanye diluar jadwal, itu akan kita tentukan. Namun bagaimana kita menentukan titik kampanye, kalau zonanya saja belum ditentukan,” kata komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi dan Kampanye, Ahmad Naffi ketika dibincangi, Selasa (12/11) di ruang kerjanya.

Naffi menyebut, hingga saat ini masih ada empat KPU kabupaten dan kota yang belum menyampaikan zona pemasangan alat peraga kampanye untuk pileg 2014 tersebut KPU Sumsel.

KPU Sumsel tegasnya, akan memberikan stresing kepada KPU kabupaten dan kota yang belum menyerahkan zona kampanye tersebut, agar segera menyerahkan zona kampanye ke KPU Sumsel.

“Kemarin, ada  10 KPU yang serahkan zona kampanye. Hari ini nambah satu KPU lagi, yakni dari OKU. Empat KPU yang belum serahkan zona kampanye itu, kita mintakan untuk segera menyelesaikannya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumsel, Budiarto Marshul berharap zona kampanye tersebut segera ditetapkan. Sehingga calon anggota legislatif (caleg), bisa mempersiapkan diri untuk melakukan sosialisasi.

Belum ditetapkannya zona kampanye oleh KPU Sumsel ini, bebernya merugikan partai politik (parpol) dan caleg. Karena waktu sosialisasi semakin sempit, padahal ada batasan wilayah untuk melakukan sosialisasi tersebut.   “Sekarang banyak caleg,menunggu aturan pemasangan alat peraga kampanye untuk pileg 2014 tersebut,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebelumnya KPU Kota Palembang, membagi kota empek-empek ini dalam 107 zona. Zona tersebut, akan menjadi areal yang diperbolehkan bagi partai politik (parpol), calon anggota legislatif (caleg), dan calon anggota DPD untuk memasang atribut kampanye milik mereka dalam pemilihan umum legislatif (pileg) 2014.

Zona yang ditetapkan tersebut menurut Ketua KPU Kota Palembang, Eftiyani, dibuat berdasarkan jumlah kelurahan di Kota Palembang. Di setiap kelurahan jelas Eftiyani, ada satu zona kampanye.

“Zona kampanye ini, berdasarkan ruas jalan yang ada di Kota Palembang dan tidak bertentangan dengan Peraturan Wali Kota (perwali) Palembang Nomor 09 tahun 2012,” kata Eftiyani.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *