Akhirnya Diogo Balik Kandang

Diogo Rangel Santos

Diogo Rangel Santos

PALEMBANG KS-Diogo Rangel Santos, pemain asing asal Timor Leste, akhirnya ‘balik kadang’ dengan kembali ke home base Sriwijaya FC (SFC) musim depan.

Pemain yang masih terikat kontrak dua lagi bersama Laskar Wong Kito itu, dipastikan mengisi satu slot pemain asing Asia, sesuai dengan kouta maksimal 3+1 (3 pemain asing Non-Asia dan 1 pemain Asia) yang telah ditetapkan PSSI.

Diogo memerkuat SFC sejak musim lalu dibawah asuhan Head Coach Kas Hartadi. Diawal kebersamaannya, penampilan Diogo memang cukup menjanjikan terutama dalam ajang pra musim. Bahkan berkat penampilan apiknya itulah, manajemen SFC waktu itu tidak ragu untuk langsung mengontraknya langsung tiga musim.

Namun, ditengah perjalanan sikap emosionalnya mulai terlihat dan kerap terjadi perdebatan sesama rekan satu tim. Kemudian pula, penampilannya yang sering angin-anginan menjadikan Pelatih Kas Hartadi waktu itu lebih membangku cadangkan Diogo, sebelum akhirnya dipinjamkan ke Gresik United pada putaran kedua.

Tak dinyana, bersama klub barunya itu penampilannya malah jauh berkembang dan selalu mendapatkan kepercayaan dari Pelatih Widodo C Putro untuk menempati posisi inti. Kendati demikian, SFC awalnya tetap tidak berniat untuk memakai tenaga pemain berusia 22 tahun itu, karena ingin mencari pemain asing Asia yang lebih berkualitas.

Pun rencana itu menjadi buyar setelah adanya aturan tambahan dari PT Liga, kalau dari empat pemain asing (3+1) itu, hanya tiga pemain asing saja yang boleh diturunkan di setiap pertandingannya. Makanya jalan tengah diambil SFC dengan kembali memaksimalkan tenaga Diogo, dibandingkan mencari pemain asing Asia lain tapi malah jarang dimainkan.

“Kita tidak ingin pemain asing yang ada mubazir saja. Jadi SFC akan tetap pakai empat pemain asing tapi satunya (pemain Asia), kita akan ambil Diogo kembali,” demikian ucap Manajer SFC, Robert Heri.

Ia berkata, saat ini SFC sendiri sudah memiliki dua pemain asing non-Asia yakni Lancine Kone (Pantai Gading) dan Abdulaye Maiga (Mali). Kini dengan bergabungnya Diogo artinya SFC sudah memenuhi kuota 2+1 dan tinggal mencari 1 pemain asing non-Asia lagi. Kuota tersisa ini akandiproyeksikan untuk menempati lini depan.

Teks : Rinaldi Syahril

Editor : Imron Supriadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *