2014, Bupati Akan Gelontorkan 500 Juta per Desa

Bupati  Banyuasin Yan Anton Ferdian

Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian

BANYUASIN|KS-Pemerintah Kabupaten Banyuasin pada tahun 2014 berencana akan memberikan anggaran kepada setiap desa sebesar Rp 500 juta perdesa per tahun. Hal itu bertujuan agar program kerja Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian yang selama ini direncanakan dapat tercapai

“Dana 500 juta tersebut nantinya akan diberikan ke desa dan bersama dinas PU untuk membantu kerja desa sebagai tenaga teknis sehingga bisa pembangunan memang di Banyuasin dimulai dari desa ke kota” ucap Bupati  Banyuasin Yan Anton Ferdian.

Ia menambahkan, program unggulan untuk memajukan wilayah Banyuasin yang pertama dan menjadi prioritas bagi Kabupaten. Banyuasin adalah percepatan perbaikan infrastruktur daerah seluruh Banyuasin.

Menurutnya, Banyuasin memiliki 19 kecamatan dan 308 desa/kelurahan. Untuk itu harus ada pembenahan jalan, jembatan, sarana dan prasarana penunjang ekonomi desa. “Itu harus dikejar perbaikannya contoh ketersediaan air bersih, desa yang dialiri listrik, irigasi penunjang sektor produksi pertanian, ” katanya.

Selain itu, sambungnya, Pemkab Banyuasin pada tahun 2014 akan  menggelontorkan dana percepatan pembangunan desa sebesar Rp500 juta/desa/tahun.

“Yang didalamnya terdapat operasional tunjangan kerja perangkat desa mulai dari kades, BPD, Linmas, RT, P3N, dan didalam program tersebut masyarakat melalui musyawarah desa yang bebas menentukan prioritas usulan pembangunannya masing-masing. Dan yang terpenting program ini harus  dikerjakan oleh masyarakat di desa itu sendiri melalui cara swakelola desa,” tuturnya.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *