Petani Cabai di PALI Diserang Hama

Romli Holfiah, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan.

Romli Holfiah, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan.

PALI | KS-Menindak-lanjuti pemberitaan di harian ini beberapa waktu lalu, Dinas Pertanian dan Kehutanan akhirnya menurunkan tim. Secara khusus petugas Pemberantasan Penyakit dan Hama Pertanian mendatangi petani cabai di Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi.

Romli Hofiah, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten PALI menyatakan ia sudah memerintahkan tim untuk meneliti penyakit yang menyerang tanaman cabe. “Kita sudah turunkan tim untuk menelitinya,” kata Romli.

Sebenarnya lanjut Romli, begitu pemberitaan ini mencuat, petugas dari Distanhut sudah mendatangi Na’imin, salah satu petani yang tanamannya terkena hama. Namun saat petugas tiba dikebun cabai tersebut, Na’imin dan petani lainnya sedang tidak berada ditempat.

Hasil pantauan sementara dari petugas yang mendatangi kebun petani tersebut, tanaman cabe itu diduga terserang jamur. “Sepertinya terkena jamur, karena dampak serangan tidak merata keseluruh tanaman. Disamping itu, sepertinya penyiraman juga masih kurang,” tambah Romli.

Meski begitu, petugas akan tetap mengupayakan untuk menghubungi petani tersebut. “Tetap akan kita temui dan akan kita berikan penyuluhan. Agar petani tidak lagi dirugikan. Apalagi sekarang cabai sedang jadi primadona,” jelas Romli.

Distanhut sendiri pada dasarnya sangat mendorong upaya yang dilakukan masyarakat untuk membudidayakan tanaman tertentu. Biasanya, sambung Romli, budidaya pertanian yang tumbuh dari kesadaran individu petani akan lebih maju. Karena petani yang bersangkutan menjadikan tanaman yang dikelolanya sebagai mata pencarian utama.

“Akan sangat berbeda bila komoditas pertanian tertentu itu digalakkan, biasanya macet. Karena itu petani cabe seperti itu akan kita perhatikan dan kita dorong. Apalagi komoditas tanaman cabe sekarang jadi primadona,” jelas Romli.

Sebagaimana diberitakan KabarSumatera senin lalu, beberapa petani cabe di kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi menjadi resah. Keresahan para petani ini karena tanaman cabe miliknya menderita layu. Bahkan beberapa tangkai tanamannya sampai membusuk. Akibatnya, hasil panen petani menurun sampai 50%.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *