Jalur Pelayaran Masih Aman

bmkg

PALEMBANG, KS-Hujan yang mengguyur Kota Palembang dengan curah cukup tinggi, beberapa hari terakhir dinilai Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih relatif normal. Karena hujan tersebut, tidak disertai angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Kenten Palembang, Indra Purnama mengatakan, BMKG sampai saat ini belum mengeluarkan peringatan bahaya untuk aktivitas pelayaran.

“Untuk jalur laut masih relatif normal. Kecepatan angin sekarang tidak perlu dikhawatirkan oleh jasa angkutan pelayaran, maupun nelayan. Sehingga mereka masih bisa, tetap beroperasi seperti biasa,”kata Indra ketika dibincangi, Kamis (31/10) di ruang kerjanya.

Indra menyebut, saat ini di Sumsel rata-rata kecepatan angin antara 15-20 knot per jam. Kecepatan angin tersebut, masih cukup rendah dan belum ekstrem. Hal itu karena masih dalam fase awal musim penghujan. “Kalau kecepatan angin sudah diatas 25 knot per jam, baru berbahaya untuk pelayaran. Namun masih harus diantisipasi, karena sekarang memasuki musim penghujan,”ucapnya.

Indra memprediksi, kecepatan angin akan semakin meninggi bersamaan dengan hujan ekstrem pada November dan Desember mendatang. Sementara untuk ketinggian gelombang air di laut masih berkisar 0,5- 2 meter.

“Bila gelombang sudah mencapai diatas dua meter, kami sarankan agar sebaiknya pelayaran lebih berhati-hati,”imbuhnya.

Sementara untuk curah hujan saat ini sambung Indra, masih belum ekstrem walau pun saat ini Kota Palembang hampir setiap hari diguyur hujan. “Hal ini terlihat dari belum banyaknya genangan banjir yang terjadi, walaupun ada hanya genangan air di sejumlah drainase,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *