970 Peserta Ikuti Tes Seleksi CPNS K2

cpns

MUARAENIM I KS-Sebanyak 970 peserta siap bertarung dalam seleksi tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten Muaraenim untuk tenaga honorer Kategori 2 (K2). Tes yang akan dilaksanakan pada Minggu, (3/11) mendatang, membutuhkan tenaga atau formasi dari tenaga pendidik (guru), tenaga kesehatan dan tenaga teknis administrasi.

“Soal-soal ujian CPNSD tenaga honorer K2 telah kita terima pada Rabu malam (30/10), sekitar pukul 19.30 WIB dengan kawalan aparat kepolisian,” tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Muaraenim, Siti Herawati SH, saat dibincangi Kabar Sumatera di ruang kerjanya, Kamis (31/10).

Total peserta yang akan mengikuti seleksi tes K2, kata Herawati, sebanyak 970 peserta terdiri dari 700 peserta dari tenaga pendidik, 11 peserta dari tenaga kesehatan dan 259 peserta dari tenaga teknis administrasi. Untuk formasi atau jumlah tenaga K2 yang akan diterima, karena menggunakan formasi nasional sebanyak 30 persen.

“Kita berharap tenaga K2 dari Kabupaten Muaraenim akan banyak yang lulus dan diterima sebagai CPNSD Kabupaten Muaraenim. Intinya, jumlah tenaga K2 yang akan diterima tergantung dengan hasil tes yang akan diikuti oleh para peserta. Kita jamin hasil tes murni dan transparan bukan rekayasa  khusus untuk Kabupaten Muaraenim ,” terang Herawati.

Adapun lokasi tes akan dilakukan pada tiga tempat yakni, SMA Negeri 1 Muaraenim, SMA N 2 Muaraenim dan SMP N 4 Muaraenim. Tes sendiri, lanjut Herawati, hanya dilakukan satu kali dengan dua materi yang diujikan yakni tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang dengan durasi waktu sekitar 90 menit untuk satu materi ujian.  Nantinya, setelah tes dilaksanakan, lembaran jawaban dan soal akan langsung di kirim ke Panitia Seleksi Nasional selaku panitia pembuat soal di Jakarta.

“Pemeriksaan lembar jawaban para peserta akan langsung dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional. Dalam hal ini, kita tidak ada campur tangan dalam menentukan kelulusan peserta,” tuturnya.

Untuk pengumuman hasil tes, tambah Herawati, pihaknya belum tahu kapan. Pihaknya akan menunggu hasil pemeriksaan lembaran jawaban dari Panitia Seleksi Nasional. Pihaknya berharap kepada para peserta tes agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga dapat menjawab soal dengan maksimal.

“Kita meminta kepada para peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti tes seperti belajar atau mempersiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk ujian. Kita berharap kepada para peserta tes untuk percaya kepada kemampuan sendiri, dan tidak tergoda dengan iming-iming oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kelulusan dengan menyetorkan sejumlah uang,” pungkas Herawati.

Teks : SISWANTO   

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *