Zona Kampanye Belum Juga Dibagi

Ilst. Kampanye

Ilst. Kampanye

PALEMBANG, KS-Sistem zona yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2013, atas perubahan PKPU No. 1/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye, sampai saat ini belum juga diselesaikan oleh KPU Sumsel.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ong Barlian menyebut, hingga kini baru tujuh KPU kabupaten dan kota yang sudah melaporkan pembagian zona kampanye untuk pemilihan umum legislatif (pileg) 2014, di wilayahnya masing-masing.

“Baru ada tujuh KPU kabupaten dan kota di Sumsel, yang telah melaporkan ke kita tentang pembagian zona kampanye di wilayahnya. “ jelas Ong ketika dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (30/10).

Tujuh KPU kabupaten dan kota dimaksud adalah, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Prabumulih, Pagaralam, Lubuklinggau dan Lahat. Sementara delapan daerah lainnya sampai saat ini sebut Ong, belum juga memberikan laporan.

“Kita sudah menyurati semua KPU kabupaten dan kota, untuk segera menyampaikan zona kampanye tersebut. Paling lambat Senin ini, semua KPU kabupaten dan kota sudah menyerahkan laporan pembagian zona tersebut,” ucapnya.

Ong menyebut, pembagian zona kampanye ini sangat penting. Semakin cepat pembagian zona itu diselesaikan, maka semakin cepat pula KPU Sumsel mensosialisasikannya ke masyarakat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik (parpol) peserta pemilu.

Ong menjelaskan, pembagian zona kampanye tersebut diberlakukan dengan dasar hukum PKPU Nomor 15 tahun 2013. Dalam aturan itu tegas Ong, diatur pembatasan pemasangan alat peraga bagi parpol maupuan calon caleg  pada pemilu nanti berdasarkan batasan wilayah daerah pemilihan (dapil).

”Selain itu pengaturan tentang, pemasangan baliho (billboard) yang hanya diperkenankan bagi partai politik dan DPD. Sementara, caleg hanya boleh memasang spanduk, dengan ukuran 1,5 x 7 meter. Lebih dari itu artinya melanggar,” ucapnya.

Dewan Panggil KPU

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah yang dibincangi terpisah mengatakan, malam ini (Rabu) sekitar pukul 19.00 WIB mereka mengagendakan pertemuan dengan KPU Sumsel.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, ada beberapa agenda penting yang akan dibahas oleh Komisi I dengan KPU. Diantaranya persoalan daftar pemilih tetap (DPT), yang masih sembrawut. “Kita juga akan membahas, kericuhan yang terjadi dalam seleksi calon komisioner KPU di kabupaten dan kota di Sumsel,” ungkapnya.

Selain itu sambungnya, pembagian zona kampanye yang sampai saat ini belum selesai juga akan menjadi pembahasan. “Kita akan mempertanyakan, kenapa pembagian zona ini belum juga selesai. Zona kampanye ini, harus segera ditetapkan karena tahapan pileg 2014 sudah berlangsung,” tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi
Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *