Warga Pengabuan Harapkan Pemkab Bangun SMP

Ali Tasman T, Tokoh Masyarakat Desa Pengabuan.

Ali Tasman T, Tokoh Masyarakat Desa Pengabuan.

PALI | KS-Meskipun memiliki jumlah penduduknya banyak, tidak otomatis membuat Warga Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten PALI memiliki fasilitas pendidikan setingkat SMP.

Untuk menyekolahkan anak-anaknya ke tingkat SMP warga memilih memasukkan anaknya ke SMP Negeri 1 Abab yang terletak di Jalan Purun-Betung atau SMPN 1 Tanah Abang. Letak sekolah tersebut terbilang jauh.

Seperti SMPN 1 Abab, berjarak 5 km dari desa Pengabuan. Untuk menjangkaunya warga harus menggunakan bus. Sehingga memerlukan biaya tambahan. Demikian juga dengan SMPN 1 Tanah Abang, jaraknya lebih jauh lagi mencapai 8 km. Transportasi yang digunakan sama, yaitu bus atau sepeda motor.

Kenyataan itu menjadi permasalahan warga. Sebab,  disamping harus mengeluarkan biaya tambahan, kondisi jalan yang jelek mengakibatkan orang tua siswa merasa cemas. Bus yang digunakan terkadang melebihi kapasitas. Terbukti dengan menumpuknya anak-anak yang duduk diatas atap bus. Bila hujan turun jalan yang dilalui menjadi licin. Riskan terjadi kecelakaan.

“Kami sangat ngeri melihat mobil yang oleng karena melalui jalan yang berlubang dan licin,” ujar Ali Tasman T, salah satu tokoh masyarakat Pengabuan.

Untuk itulah, Ali Tasman bersama Kepala Desa Pengabuan Zainul Wazir dan Kepala Desa Pengabuan Timur NS Iskandar meminta kepada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) agar dibangunkan sebuah sekolah setingkat SMP. Untuk merealisasikannya, warga sudah menghibahkan tanah seluas satu hektar yang dipersiapkan untuk lokasi pembangunan SMP tersebut. “Alhamdulillah tanahnya sudah siap dan sudah dihibahkan” jelas Ali.

“Harapan kami, kalau sudah ada SMP, biaya yang harus dikeluarkan warga menjadi ringan. Tidak perlu lagi pakai bus. Selaku orang tua, kita tidak takut lagi anak kami kecelakaan” terang Ali.

Sementara itu, Drs Rusmin Nuryadin, MM Sekretaris Dinas Dikbupora mengakui, Desa Pengabuan sudah selayaknya dibangunkan sebuah SMP. “Sudah sangat layak, Pak. Penduduknya saja sudah 6 ribu jiwa lebih. Belum lagi, sekolah pendukung setingkat SD sudah ada tiga,” kata Rusmin.

Saat ini pembangunan SMP Negeri di Desa Pengabuan sudah masuk dalam perencanaan Dinas Dikbupora Kabupaten PALI. “Sudah kita rencanakan, bahkan sudah kita minta ke Pemprov Sumsel agar bisa direalisasikan,” tambahnya.

Selain pembangunan SMP yang rencananya diberi nama SMPN 3 Abab itu, Disdikbudpora PALI juga berencana membangun SMA di Desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang dan Pembangunan SD Negeri Jeramba Besi yang akan ditingkatkan menjadi SDN definitif.

Rusmin berharap, apa yang sudah direncanakan tersebut dapat direalisasikan pada tahun anggaran 2014 mendatang.

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *