Timsel Tak Gubris Protes Masyarakat

kpuPALEMBANG, KS-Seleksi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, mendapatkan protes dari sejumlah kelompok masyarakat. Senin (28/10) lalu, Aliansi Pemuda Rakyat Demokrasi Penyelamat KPU, menolak keputusan timsel yang menetapkan 20 nama calon komisioner KPU Kota Palembang.

Ditempat terpisah, salah satu peserta seleksi calon komisioner KPU Kota Palembang, Komar Heryanto, mensomasi timsel karena merasa dirugikan dengan keputusan timsel tersebut. Walau pun begitu, semua protes tersebut tidak digubris oleh timsel.

Buktinya, timsel tetap melanjutkan proses seleksi. 20 calon komisioner, sejak Selasa (29/10) hingga kemarin, mengikuti tes wawancara yang digelar timsel di Hotel Aston, Palembang. Ketua Timsel KPU Kota Palembang, Bambang Hariyanto yang dibincangi ditengah-tengah tes tersebut tak mempesoalkan adanya riak di masyarakat terhadap putusan timsel tersebut.

“Adanya ketidakpuasan tersebut, sudah saya duga. Siapa pun yang tidak terpilih, tentu tidak senang. Tetapi kita harus memilih 20 nama, untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya,” kata Bambang yang dibincangi disela-sela tes wawancara calon komisioner KPU Kota Palembang, Rabu (30/10).

Bambang menyebut, putusan timsel yang menetapkan 20 nama calon komisioner, didasarkan atas hasil seleksi yang diikuti oleh semua peserta. Seleksi yang digelar timsel ini bebernya, juga dilakukan bekerjasama dengan lembaga yang berkompoten seperti rumah sakit, lembaga psikologi, dan lainnya.

“Ada tiga tes yang kita lakukan, yakni tes tertulis, kesehatan dan psikologi. Tiga tes ini, diikuti 126 peserta. Dari hasil tes tersebut, kemudian dibuat penilaian secara akumulasi kemudian kita kerucutkan menjadi 20 peserta. Hasil tes ini , tidak ada yang intervensi. Karena tesnya bukan kita yang melakukan, melainkan  pihak lain,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menerangkan, dari hasil tes wawancara ini akan dikerucutkan menjadi 10 nama calon komisioner. 10 nama ini kemudian terang Bambang, akan dimintakan tanggapan publik terhadap track record nya.

Sehingga diharapkan, dari proses ini bisa melahirkan komisioner yang kredibel seperti keinginan KPU. Setelah uji publik, barulah 10 nama tersebut akan kita serahkan ke KPU Sumsel.

KPU Sumsel kemudian akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan. “Setelah itu, KPU Sumsel yang akan memutuskan lima nama komisioner KPU Kota Palembang,”tukasnya.

Teks     : Dicky Wahyudi

Editor  : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *