Poedji Si Doktor Ilmu Lingkungan

Poedji Loekitowati Hariani

DR. Poedji Loekitowati Hariani

PALEMBANG | KS-Setelah sekian lama menanti, tibalah gilirannya bagi Universitas Sriwijaya (Unsri) mempersembahkan seorang doktor. Dalam sejarah Program Studi Ilmu Lingkungan di Unsri, nama Poedji Loekitowati Hariani pun kini dinobatkan sebagai peraih doktor yang tercepat dan berhak memeroleh nilai A atau Sangat Memuaskan. Ia hanya butuh waktu 3 tahun lebih dua bulan untuk bisa menyandang predikat doktor.

Fokus dan serius!. Itulah resep yang dicamkan oleh perempuan yang akrab disapa Poedji ketika menyelesaikan disertasi program doktoral bidang Ilmu Lingkungan di Unsri. Alhasil, ia pun tercatat sebagai dosen tercepat dalam menyelesaikan doktornya plus dengan nilai Sangat Terbaik.

“Tiap hari saya selalu menyisihkan waktu untuk menyelesaikan disertasi,” cetus Poedji usai menggelar Sidang Terbuka di Gedung Doktor Pascasarjana Unsri, Rabu (30/10).

Poedji yang kini sehari-harinya bertugas sebagai dosen tetap di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan (FMIPA) Unsri. Di tengah padatnya menjadi seorang dosen, namun ia tak patah semangat dalam menyelesaikan disertasinya.

Agaknya Poedji memang berniat untuk segera menyelesaikan disertasinya dengan waktu singkat. Disertasinya dia beri judul ‘Pengolahan Limbah Cair Industri Songket Menggunakan Kompsit Fe3 Q4-Karbon Aktif dari Cangkang Kelapa Sawit’.

“Alhamdulillah dengan waktu dan kerja keras, saya bisa memeroleh gelar doktor tercepat,” ucap Poedji bangga.

Kenapa pilih tema berkait pengolahan limbah? Dengan lugas Ibu tiga anak ini menjawab, itu adalah tantangan baginya.

“Tentunya buat saya menulis Jurnal Internasional yang berkualitas serta bisa dipublikasikan adalah tantangan. Itu sekaligus obsesi saya sejak lama,” tuturnya.

Sebagai penyandang gelar nan istimewa, Poedji pun berkeinginan ilmu yang ia temukan kelak dapat ditularkan ke lingkungan akademika Unsri. Dengan begitu, Unsri bisa lebih maju dan mampu memacu publikasi.

“Untuk pribadi, saya berharap temuan disertasi ini bisa segera diaplikasikan ke industri songket. Saya berharap kedepannya  ada sebentuk kerjasama dengan instasi terkait baik itu departemen perindustrian maupun Badan Lingkungan Hidup,” ucap Poedji mantap.

Pada Ujian Akhir Disertasi Poedji kali ini, Dr Ridwan sebagai  Co  Promotor Disertasi berkata, sesungguhnya predikat Sangat Memuaskan sangat sulit diperoleh oleh seorang calon doktor. Untuk itu, keberhasilan Poedji ini boleh dikata luar biasa.

“Disertasi itu bahkan telah dipublikasikan di Jurnal Internasional. Luar biasa apa yang dicapai Poedji,”  Ridwan memuji.

Di ujung sidang disertasi milik Poedji, ucapan selamat pun mengalir langsung dari Profesor Dr Hj Badia Perizade MBA Rektor Unsri, staf dosen, dan undangan yang hadir. Selamat untuk Ibu Poedji, satu saat ilmu-mu pasti dinanti.

TEKS:JADID ULUL ALBAB

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *