Pengembang PSCC Wajib Revisi Amdal

Palembang Sport and Convention Centre (PSCC)

Palembang Sport and Convention Centre (PSCC)

PALEMBANG, KS-Pengembang Palembang Sport Convention Centre (PSCC), PT SIGI diwajibkan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palembang untuk merevisi dokumen analisis dampak lingkungan (Amdal) nya.

Sebab kata Kepala BLH Kota Palembang, Thabrani, dokumen amdal yang sudah dikantongi PT SIGI saat ini sudah tidak sesuai lagi. “Kami himbau kepada pengembang PSCC, segera mengajukan revisi Amdal, terkait dengan perubahan yang telah mereka lakukan,”ungkap Kepala BLH Palembang,Thabrani.

Namun menurut Thabrani, meskipun pengembang telah mengajukan dokumen revisi, tetap saja pemkot tidak bisa memproses penerbitan amdal baru. “Karena penerbitan amdal bagi proyek tersebut tetap saja, wajib dilengkapi rekomendasi dari Pemprov Sumsel,”ujarnya.

Thabrani mengatakan, selama rekomendasi itu belum dikantongi maka BLH Palembang, tidak bisa menerbitkan Amdal baru. “Upaya pengelolaan lingkungan tanpa pencemaran, menjadi salah satu upaya kami untuk melestarikan kawasan tersebut,”ujarnya.

Thabrani menambahkan, sejauh ini PSCC menjadi salah satu kawasan yang pembangunannya cukup pesat. Tapi belum memiliki kelengkapkan amdal. “Ditambah lagi, pengembang ternyata telah membangun tidak sesuai dengan ketentuan amdal dan izin mendirikan bangunan (IMB) yang telah diterbitkan,”bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, pihaknya telah instruksikan agar aktivitas penggalian yang dilakukan di PSCC sebagai bagian perluasan bangunan dihentikan.

“Karena yang dilakukan pengembang PSCC tidak sesuai IMB, penyempitan danau atau tempat penampungan air sementara di lokasi proyek tersebut juga kami nilai menyalahi ketentuan,”tukasnya.

Teks     : Alam Trie Putra

Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *