Distribusi Soal Dikawal Ketat

“Dokumen Negara” - Seorang petugas membawa sebuah kardus yang berisi soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah dibongkar dari mobil box pos indonesia di kantor Satpol PP Provinsi,Palembang,Rabu (30/10). Pendistribusian soal-soal ini di kawal ketat sejumlah aparat dengan bersenjata lengkap. Foto : Bagus Kurniawan

“Dokumen Negara” – Seorang petugas membawa sebuah kardus yang berisi soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) setelah dibongkar dari mobil box pos indonesia di kantor Satpol PP Provinsi,Palembang,Rabu (30/10). Pendistribusian soal-soal ini di kawal ketat sejumlah aparat dengan bersenjata lengkap.|Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG, KS-Sebanyak 14.340 orang, baik dari katagori umum maupun tenaga honorer katagori dua (K2) di 15 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (3/11) mendatang akan serentak mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kemarin (30/10), sebanyak 14.340 lembar soal tes CPNS untuk formasi honorer K2 mulai di distribusikan ke kabupaten dan kota di Sumsel. Pantauan Kabar Sumatera, soal seleksi tersebut langsung diambil oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten dan kota di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sumsel.

Pengambilan soal tersebut, disaksikan oleh pihak kepolisian. Soal tersebut menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir, akan dikawal oleh pihak keamanan yang dibawa oleh masing-masing daerah.

“BKD kabupaten dan kota, memang kita minta untuk membawa pengamanan saat mengambil soal. Pengamana ketat ini, kita lakukan agar soal seleksi CPNS tersebut tidak bocor Pengawasan harus dilakukan semaksimal mungkin, sehingga soal-soal tersebut bisa sampai dengan aman ke tujuan,” kata Muzakir.

“Hari ini soal-soal tersebut tiba di sini, dan dilakukan serah terima dengan disaksikan dari sekda setiap kabupaten/kota di Sumsel. Kemudian dari pihak kepolisan dan dari pemerintah setempat. Karena dengan adanya penyaksian ini, tidak akan menimbulkan kecurigaan di tiap-tiap perwakilan,” ujar Muzakir saat diwawancarai setelah serah terima soal di kantor Sat Pol PP Sumsel.

Ia menambahkan, untuk menjaga soal tersebut pihaknya melakukan kerjasama dengan aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya. Menurut dia, untuk soal yang menjadi tanggungjawab Pemprov Sumsel, akan menjadi tanggungjawab pihak kepolisan dan Pol PP setempat.

“Dengan adanya penjagaan ketat tersebut, diharapkan tidak ada kebocoran dan apa yang diterima PNS nanti benar-benar murni. Untuk jumlah soalnya itu, totalnya di wilayah Sumsel dengan kategori II tercatat 14.340. Sedangkan untuk tes umum, kita belum mengetahui secara pasti karena soal-soalnya langsung diserahkan ke kabupaten/kota,” bebernya.

Sementara itu, Asisten IV Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel, Samuel Chatib menambahkan, pengawasan soal tersebut, memang harus dilakukan karena tidak diinginkan soal tersebut bocor.

Dengan diterimanya soal-soal ini, maka penjagaan akan dilakukan sampai pada pelaksanaan ujian nanti yaitu pada tanggal 3 November. “Dokumen soal untuk tes calon PNS itu, setibanya di Palembang dari percetakan Kudus, Jawa Tengah sudah dijaga ketat oleh pihak kepolisian,” ujarnya.

Pengawasan soal tes Calon PNS sambungnya, harus dilaksanakan secara maksimal, supaya pegawai yang diterima nantinya benar-benar murni dari hasil tes tersebut. “Kita tidak ingin, ada anggapan miring dari seleksi CPNS ini. Karenanya distribusi soal, harus dilakukan secara prosedur dan pengawasan yang maksimal,” tukasnya.

Teks     : Imam Mahfudz Ali
Editor  : Dicky Wahyudi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *