Demi Berobat Istri, Kuli Bangunan Nekat Mencuri

Tersangka Sutrisno saat diperiksa petugas Polsek Gandus

Tersangka Sutrisno saat diperiksa petugas Polsek Gandus

PALEMBANG, KS – Demi berobat untuk sang istri tercinta yang tengah hamil,  Sutrisno (21) Warga Jalan Pdam, Lorong Mandi Apin Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang, nekat melakukan aksi pencurian dirumah orang tua angkatnya.

Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai kuli bangunan ini, tidak tega melihat istri sakit karena kandungannya, hingga membuat Sutrisno gelap mata mencuri di Jalan Syahyakirti, Lorong Ario Kesumo, Kelurahan Talang anyar, Kecamatan Gandusn pada 1 Oktober 2013 pukul 03.00 WIB yang lalu.

Penangkapan tersangka sendiri, berawal dari laporan orang tua angkat tersangka sendiri, Rusdiono (45) seorang guru olah raga disalah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Palembang, lantaran warung milik Rusdino telah dimasukin pencuri, yang tak lain adalah anak angkatnya sendiri.

Akibat perbuatannya itu, tersangka kini telah diamankan oleh tim reskrim Polsekta Gandus dan dijebloskan kebalik jeruji penjara, Senin (28/1) pukul 16.00 WIB. Saat ditangkap, tersangka sedang tertidur pulas di rumahnya.

“Saya mencuri 15 bungkus rokok, tiga tabung gas elpiji 3 kilogram, uang tunai Rp 300 ribu, dan satu DVD player. Namun, hanya uang yang saya pakai, sementara DVD dan tabung gasnya hilang,” tutur tersangka.

Diceritakan Sutrisno, dirinya benar-benar sudah tidak tahu harus mencari uang dengan cara apa untuk membiayai pengobatan isterinya yang sedang mengandung satu bulan. Ia sendiri belum memiliki order bangunan sehingga tidak punya pekerjaan untuk mencari uang.

Tersangka pun sadar, hanya ayah angkatnya yang yang bisa menolongnya. Sayangnya, hubungan Tris dan pria yang sudah menjadikannya ayah angkat sejak tiga tahun lalu itu sedang tak baik.

Mereka sudah tidak tegur sapa selama setengah tahun. Sebab itu, Tersangka merasa segan untuk meminjam uang kepada Rusdiono secara langsung meski ia sendiri sangat butuh uang.

“Saya manjat pagar warung ayah angkat dan masuk warung lewat jendela. Di sanalah saya mencuri uang dan beberapa barang milik ayah angkat. Mungkin, ada yang melihat saya sehingga saya dilaporkan dan akhirnya ditangkap,” katanya.

Kapolsekta Gandus, AKP Ibrahim, melalui Kanit Reskrim, Iptu Zubairi, membenarkan Tersangka saat ini sudah diamankan di Mapolsekta Gandus Palembang. “Hingga saat ini, dia masih ditetapkan pelaku tunggal. Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP,” kata Zubairi.

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *