28 RTLH Dapat Bantuan Dinas Sosial

Kadinsos Kabupaten Banyuasin Indra Hadi S Sos MM

Kadinsos Kabupaten Banyuasin Indra Hadi S Sos MM

BANYUASIN|KS-Untuk mengentaskan kemiskinan bagi keluarga miskin, Pemerintah Banyuasin melalui Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin telah menganggarkan dana untuk membangun 28 sarana dan prasarana rumah .

“Rumah ini untuk 28 Kepala Keluarga (KK),” ucap Kepala Dinas Sosial Indra Hadi S Sos MM, Rabu (30/10).

Ia menambahkan, sebanyak 28 orang yang dibantu itu merupakan keluarga miskin dengan kriteria antara lain, lantai rumahnya yang masih tanah, atap daun nipa, dinding papan buruk, penghasilan tak menentu, makan hanya beberapa kali dalam seminggu.

“Sebenarnya Dinso ingin lebih banyak lagi membantu keluarga yang miskin melalui program bantuan sarana rumah akan tetapi tahun ini hanya 28 yang bisa di bangun melalui dana APBD dan APBD Perubahan tahun 2013,” sambungnya.

Sambungnya, jika tidak ada halangan, pada November mendatang, program tersebut selesai dilaksanakan. “Insya Allah kalau tidak ada halangan 28 KK tersebut kita selesaikan bulan depan dan kita akan anggarkan lagi untuk tahun 2014 lagi, agar banyak lagi keluarga yang terbantu,” tuturnya.

Senada dikatakan oleh Kabid Pemberdayaan Sosial Sari Mena SE. Menurutnya, keluarga miskin yang dapat sarana prasarana rumah dari APBD-P (Perubahan) 2013 antara lain Muara Telang 2KK, Betung 2 KK, Sembawa 2 kk, Banyuasin III 5 KK, Sembawa 4 KK

Dari dana APBD, Kecamatan Talang Kelapa 3 KK, Betung 2 KK, Rantau Bayur 2 KK, Pulau Rimau 3 KK, Tanjung Lago 2 KK dan Banyuasin II 3 KK.

“Bantuan itu berupa uang senilai Rp 6 juta per KK dan dan pihak ke-3 sebagai rekanan pengadaan sarana. Selanjutnya warga yang membuatkan rumahnya, secara gotong royong,” tambah Sari.

Dikatakan Sari, selain bantuan untuk RTLH, Dinsos juga memberikan bantuan alat untuk membuka usaha kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) perkotaan dan kube pedesaan dan juga dana dari aspirasi dewan.

Selain itu juga dinsos menyalurkan dana dekonsentrasi (Dekon) dari pusat melalu provinsi sebanayk 24 kelompok. “ Kita salurkan dana tersebut rata-rata dapat Rp 20 juta untuk usaha, sebagian Hand Traktor,” kata Sari.

Teks : Diding Karnadi

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *