Tiket Online Diberlakukan, Penumpang Alami Peningkatan

MUARA ENIM I KS – Sejak diterapkannya sistem pembelian tiket penumpang Kereta Api (KA) dengan sistem online atau ticketing online sejak Maret 2013 lalu. Pihak Stasiun KA Muaraenim mengakui adanya lonjakan penumpang yang cukup drastis.

“Dengan sistem pembelian tiket melalui sistem komputerisasi internet ini, peminat armada transportasi jalur kereta api mengalami lonjakan hingga 40 persen,” tutur Kepala Stasiun KA Muaraenim,Suradi, kepada Kabar Sumatera, disela aktifitasnya, Selasa (29/10).

Sebelum diterapkan ticketing online ini, kata Suradi, setiap hari penumpang yang menggunakan armada KA tidak pernah mengalami kehabisan tiket. Namun, setelah penggunaan ticketing onlie dalam satu hari penumpang KA di Stasiun KA Muaraenim mencapai 40 orang dalam seharinya per setiap keberangkatan.

Sama halnya sebelum penerapan ticketing online, sambungnya,  saat ini tersedia layanan tiket ekonomi, bisnis dan eksekutif. Dimana untuk kelas ekonomi seharga Rp 40 ribu, bisnis seharga Rp 50 ribu – Rp 60 ribu dan eksekutif Rp 85 ribu. Sedangkan untuk trayek perjalanan yang tersedia dari Lubuk Linggau-Muaraenim – Prabumulih – Palembang dan sebaliknya. “Pada jam keberangkatan dari Muaraenim pada pukul 01.05 WIB dan 12.30 WIB,” ujarnya.

Melalui gerai – gerai toko yang telah diajak kerjasama pihaknya, lanjut Suradi, calon penumpang bisa membeli tiket yang kemudian di Stasiun KA Muaraenim dapat langsung diprint cetak. Untuk hari – hari besar seperti hari raya Idul Fitri, calon penumpang harus lebih cepat memesan tiket, dikarenakan dipastikan tiket biasanya full booking (penuh-red).

“Dirasakan lonjakan penumpang ini selain adanya kepastian akan tempat duduk juga keamanan dalam kereta lebih terasa karena dalam setiap gerbong (kereta) dijaga oleh minimal satu  polisi khusus (polsus) yang rutin melakukan pengawasan,” ucap Suradi.
Sementara itu, Candra (45), warga Palembang mengaku cukup senang melakukan perjalanan dengan kereta api. Selain kepastian tempat duduk yang nyaman tanpa berdesak – desakan, ruangan nyaman juga lebih aman karena ada petugas yang rutin melakukan patroli.

“Enak juga pake kereta, tapi kepada calon penumpang lainnya lebih baik berpergian pada siang hari karena pada malam hari kurang seru, karena pemandangan selama perjalanan diluar kereta banyakan gelap daripada terang,” pungkasnya.

Teks : SISWANTO

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *