Produk LCGC Dongkrak Penjualan KIA

KIA

PALEMBANG | KS – Meski tak mengiku program mobil murah , KIA tetap nyaman dengan penjualanya. Pasalnya, saat ini pihaknya meyakini program LCGC bisa mendompleng mini citycar besutan KIA yaitu picanto.

“Pihak Kami merasah diuntungkan meskipun tidak punya produk LCGC, karena mobil citycar KIA secara tidak langsung ikut terdongkrak,“ ujar B Harjoseno, Branch Manager PT Global Mobilindo  main dealer KIA Palembang.

Optimesme ini telihat  dengan permintaan dan penjualan unit picanto yang ikut meningkat. Rata-rata perbulan picanto memberi sumbangsi sekitar 70 persen dari total all varian.  “Untuk semua tipe penjualan KIA stabil di angka kisaran 15 unit,“ Ungkapnya .

KIA menampik anggapan orang prihal gempuran produk LCGC yang akan memakan market share citycar lain di pangsa pasar otomotif sumatera selatan. Menurutnya banyak faktor yang membuat picanto tetap bertahan.

Mobil keluaran pabrikan korea ini mirip-mirip dengan mobil murah ini diyakini pula memiliki sejumlah keunggulan di kelasnya namun tidak terikat aturan LCGC. Seperti kapasitas mesin yang lebih besar serta material yang lebih berkualitas. Seperti diketahui, kia picanto masih di datangkan langsung dari pabrikan di korea alias CBU (completly build up), hanya beberapa varian saja yang sudah di rakit di dalam negeri.

Berbeda dengan produk LCGC lainnya yang sudah memiliki persentase kandungan komponen lokal mencapai 80 persen. Namun hal ini menjadi alasan LCGC bisa di banderol dengan harga miring sedangkan KIA masih di atas rata-rata.

Menilik harga yang ditawarkan ke konsumen, mobil kompak besutan KIA ini dibanderol dari varian terendah hingga varian tertinggi mulai harga Rp 164 juta – Rp 178 juta. “Picanto memang tak semurah mobil LCGC tapi harga tersebut cukup kompetitif,“ jelasnya.

Pada bagian mesin All New Kia Picanto ini mengusung mesin 1.2 liter yang berteknologi DOHC dual CVVT, mobil ini di klaim memiliki daya maksimum 85 tenaga kuda.

Lanjutnya mengatakan , untuk menjadi produk lcgc picanto memenuhi beberapa syarat, salah satunya masalah konsumsi bahan bakar sesuai petunjuk teknis. Untuk mesin dengan kapasitas silinder 1250 cc pabrikan mengklaim dengan konsumsi bahan bakar 1:19.

“Kapasitas mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 85 alhasil performa mesin mobil ini juga cukup baik,“ tutupnya

 

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *