Peta Investasi Daerah Harus Akurat

MUBA

Laporan Kepala BPPPM Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Amril Nurman pada presentasi penyusunan peta investasi kab.Muba. Foto : Bagus Santosa KS

MUBA, KS – Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu wilayah terkaya di Propinsi Sumatera Selatan dengan sumber utama perekonomian ditopang oleh pertambangan dan energi.

Untuk itu peluang investasi di Kabupaten Musi Banyuasin harus di promosikan secara keseluruhan dan terintegrasi dengan baik.

“Tatanan promosi dan peta investasi yang disajikan harus akurat agar investor memperoleh informasi potensi dan peluang investasi yang valid, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Musi Banyuasin menuju Permata Muba 2017,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Sohan Majid MM, saat mengikuti kegiatan presentasi laporan antara (tahap kedua) penyusunan peta investasi daerah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2013 di ruang rapat bupati, Selasa (29/10).

Hadir pada rapat tersebut, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Protokol dan Kesra Rusli SP MM, Kepala BP3M Drs H Amril Nurman, Direktur PT Talenta Indonesia Prima (Konsultan) Johnson Rolnmuch dan beberapa SKPD yang berhubungan penyusunan peta investasi.

Sekretaris Daerah juga menekankan agar dalam melakukan pemetaan potensi investasi di Kabupaten Musi Banyuasin harus seirama dengan visi pembangunan Pemkab Muba, dan harus dibuatkan Peraturan Daerah yang mengatur aturan investasi, guna mengantisipasi konflik dengan investor di kemudian hari.

Koordinasi antara Bappeda dengan BP3M dan SKPD lainnya dalam optimalisasi promosi peluang investasi di Kabupaten Musi Banyuasin, juga harus ditingkatkan guna mendukung tercapainya kemakmuran masyarakat Muba.

Menurut Kepala BP3M Muba, Drs H Amril Nurman, presentasi laporan penyusunan peta investasi daerah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2013 merupakan tahap kedua, dimana presentasi tahap awal sudah dilaksanakan tanggal 6 September 2013 dan presentasi akhir akan dilakukan minggu ketiga bulan November 2013. Pemetaan peta investasi oleh PT Talenta Indonesia Prima dilakukan selama 90 hari terhitung sejak 23 Agustus hingga 26 November 2013 dengan ruang lingkup di 14 kecamatan dalam kabupaten.

Lingkup kegiatan yang dilakukan meliputi identifikasi, klasifikasi, inventarisasi, membuat data base, pemetaan, terhadap potensi dan peluang investasi di Kabupaten Musi Banyuasin serta membuat aplikasi peta investasi dan arahan investasi di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Penyusunan peta investasi daerah di Kabupaten Musi Banyuasin, ditujukan untuk memberikan informasi persebaran investasi, potensi ekonomis, sumberdaya alam, tenaga kerja dan arahan investasi yang kondusif bagi perkembangan perekonomian di Kabupaten Musi Banyuasin,” jelas Amril Nurman.

Berdasarkan paparan yang disampaikan Direktur PT Talenta Indonesia Prima (Konsultan) Johnson Rolnmuch, potensi investasi yang disajikan dalam peta peluang investasi Kabupaten Muba diantaranya adalah, potensi sumber daya alam pertambangan dan energi (batubara, minyak bumi dan gas alam), potensi sektor pertanian (padi dan jagung), sektor kehutanan, pariwisata (danau Konger

dan Ulak Lia), perikanan dan perkebunan.

Teks/Foto: Bagus Santoso

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *