Pemkab PALI Janji Segera Perbaiki Jalan

*Akan Gandeng Perusahaan

FOTO-hl-Pejabat-Bupati-PALI,-Ir-H-Heri-Amalindo-MM

Pejabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM. / Foto : Indra Setia Haris KS

PALI | KS – Banyaknya infrastruktur jalan yang rusak menjadi persoalan utama di kabupaten PALI. Kerusakan jalan di kabupaten ini tergolong parah. Persoalannya, jalanan yang kerusakannya cukup parah, adalah jalan yang dibangun oleh perusahaan.

Awalnya jalan-jalan tersebut dibangun perusahaan perminyakan yang beroperasi didaerah ini. Banyaknya potensi minyak dan gas, membuat perusahaan membangun jalan-jalan untukk operasional perusahaan.

Seiring perkembangan waktu, pertumbuhan penduduk membuat  jalan-jalan tersebut dihuni dan dimukimi warga. Sehingga jalanan yang dulunya menjadi jalan perusahaan dimanfaatkan warga menjadi jalan umum.

Ketika jalan-jalan itu rusak, menjadi persoalan tersendiri bagi pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pemkab PALI). Butuh biaya besar untuk menjadikan jalan-jalan itu mulus kembali.

Menyikapinya, Pemkab PALI mengambil langkah bijak. Salah satunya menggandeng perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan jalan itu untuk bersama-sama memperbaikinya sampai mulus.

“Kita mengajak perusahaan untuk bersama-sama membangun kembali jalan yang ada di kabupaten ini,” kata Ir H Heri Amalindo MM, pejabat Bupati PALI.

Seandainya total ruas jalan 10 km, dan disitu ada empat perusahaan maka ditawarkan ke perusahaan itu berapa kilometer kesanggupan mereka  membangunnya. “Akan kita tawarkan kepada perusahaan. Kalau dari 10 km perusahaan sanggupnya 6 km, maka sisanya Pemkab yang bangun,” ujar Heri.

Langkah ini diambil Pemkab PALI karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Sebagai daerah otonomi baru tentu anggaran pendapatannya masih minim. Dan sangat kurang untuk memnuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan.

“Kita sudah tawarkan, dan kami sangat mengharapkan partisipasi perusahaan tersebut. Hal ini juga sudah kita sampaikan kepada Pertamina dan SKK Migas,” terang Heri.

Sebagai contoh, ruas jalan menuju ibukota kabupaten PALI dari Simpang Belimbing saat ini hanya menyisakan beberapa kilometer saja yang rusak. Selebihnya sudah mulus dan dicor beton sehingga tidak lagi berdebu dan berlumpur.

Pengecoran jalan itu dilakukan oleh PT Pertamina dan PT Musi Hutan Persada, dan ada juga dari Pemkab Muara Enim. Bahkan PT MHP, tetap rutin perawatan jalan. PT MHP melakukan penambalan terhadap lubang-lubang yang ada di jalanan yang sudah dicor.

Tetap perbaiki kerusakan jalan

Saat ini, dengan keterbatasan dana yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum Pemkab PALI secara rutin juga melakukan perbaikan terhadap beberapa kerusakan yang ada di pelosok-pelosok desa.

“Beberapa titik jalan rusak tetap kita perbaiki, meskipun dana yang kita miliki sangat terbatas. Kepala Dinas PU Saja jarang dikantor, kita minta Pak Fery untuk turun ke jalan lakukan perbaikan” tambah Heri yang pernah menjabat  Kepala Dinas PU Kab MUBA itu.

 

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *