Kuartal III, Laba Bank OCBC NISP Capai Rp 838 Milyar

ocbc

Pelayanan Bank OCBC NISP. / Foto : IST

PALEMBANG | KS – Bank OCBC NISP kembali membuktikan kemampuannya dalam menjaga pertumbuhan bisnisnya. Hal itu terlihat dari hasil kinerja triwulan III – Per 30 September 2013, Bank OCBC NISP berhasil meningkatkan asetnya sebesar 24% dari tahun sebelumnya.

Parwati Surjaudaja Presiden Direktur & CEO Bank OCBC NISP mengungkapkan, kenaikan total aset ini antara lain diperoleh dari pertumbuhan kredit (gross) sebesar 21% dari Rp 50 triliun menjadi Rp 61 triliun. Dari sisi penyaluran kredit dan jenis penggunaanya, sebagian besar kredit disalurkan untuk modal kerja (42%), investasi (37%) dan konsumer (21%).

“Sementara itu di triwulan III, Bank OCBC NISP juga berhasil membukukan kenaikan laba sebesar 28% menjadi Rp 838 milyar dari Rp 656 milyar pada periode yang sama tahun sebelumnya,”ungkapnya .

Sedangkan untuk mengantisipasi kondisi makro nasional & internasional, Bank melakukan upaya diversifikasi sumber pendanaan, antara lain melalui penerbitan obligasi sebesar Rp 3 triliun dan Medium Term Note (MTN) sebesar Rp 0,9 triliun pada semester I – 2013.

Sehingga terlihat rasio Loan to Funding (LTF) di level 87,2%. Bank juga saat ini dalam tahap proses Right Issue sebesar Rp 3,5 triliun untuk memastikan adanya tingkat permodalan yang baik dalam mengantisipasi gejolak pasar dan pertumbuhan dimasa yang akan datang, yang diharapkan prosesnya selesai sebelum akhir 2013.

Bank OCBC NISP juga tetap menjalankan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit sehingga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) tetap terjaga pada level yang rendah.

NPL (net) per akhir September 2013 sebesar 0,4%, jauh dibawah batas maksimal yang ditentukan Bank Indonesia sebesar 5%. Rasio-rasio keuangan utama lainnya, yakni rasio Return On Equity (ROE) 12,5% dan Return On Asset (ROA) 1,8% serta rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) mencapai 14,9%, jauh diatas ketentuan minimal Bank Indonesia sebesar 8%.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi, Bank mengimbangi peningkatan kualitas produk dan layanan dengan semakin aktif mengembangkan program-program yang inovatif dan bernilai tambah bagi para nasabah.

Upaya tersebut turut membuahkan pertumbuhan dana pihak ketiga sebesar 17% menjadi sebesar Rp 62,8 triliun pada akhir September 2013 dari Rp 53,6 triliun pada akhir September 2012.

“Kepercayaan nasabah yang tinggi kepada Bank OCBC NISP menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa memberikan nilai tambah dan kualitas terbaik kepada seluruh nasabah,”katanya.

Kinerja positif dan berbagai inisiatif serta pengembangan beragam produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah menjadi cerminan atas komitmen untuk selalu fokus kepada nasabah.

TEKS : JADID ULUL ALBAB

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *