Kantor Lurah Jadi Kantor Catatan Sipil

*Pelayanan KK, KTP dan Akte Kelahiran masih nginduk Muara Enim

Husni Thamrin Ciknung SSos kepala Disdukcapil bersama staf memasang papan nama kantor disdukcapil. Foto : Indra Setia Haris

Husni Thamrin Ciknung SSos kepala Disdukcapil bersama staf memasang papan nama kantor disdukcapil. Foto : Indra Setia Haris

PALI | KS – Bagi warga Kelurahan Handayani Mulia Kecamatan Talang Ubi yang akan berurusan ke kantor lurah Handayani Mulia akan mendapatkan suasana berbeda. Kantor lurah yang terletak di jalan Merdeka itu akan mulai ramai karena staf kantor bertambah.

Penambahan staf kantor itu bukan staf kantor kelurahan, melainkan pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Mulai Selasa kemarin (29/10) Dinas Dukcapil mulai berkantor di lokasi itu. Menurut pantauan KabarSumatera (KS), sejumlah pegawai dan staf Disdukcapil memasang papan nama dan menyusun peralatan kantor.

“Mulai hari ini kita ngantor disini, dik. Bismillah saja, mudah-mudahan diridhoi Yang Maha Kuasa,” kata Husni Thamrin Tjiknung, S.Sos, Kepala Disdukcapil kepada KabarSumatera.

Untuk sementara, kata Husni, Disdukcapil masih melakukan persiapan seperti menyusun struktur organisasi, perencanaan dan kerangka kerja dan persiapan dalam memberika pelayanan kepada masyarakat. “Saat ini baru persiapan dulu. Sekarang belum ada apa-apa,” ujarnya.

Karenanya, selama tahun 2013 ini pelayanan kependudukan seperti pengurusan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akte kelahiran masih menggunakan fasilitas yang ada di Muara Enim. “Kita belum memiliki jaringan sistem kependudukan. Sementara ini kita nginduk dulu ke Muara Enim,” ujar Husni.

Namun Husni optimis tahun 2014 mendatang, warga yang ingin mengurus KK, KTP dan akte sudah bisa dilayani oleh Disdukcapil Pemkab PALI. “Insya Allah, nanti sudah bisa kita layani di tahun 2014. Jadi warga kita tidak perlu jauh-jauh lagi. Lebih mudah. Do’akan saja tidak ada kendala,” ujarnya.

 

TEKS / FOTO : INDRA SETIA HARIS

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *