Jelang Tes CPNS, Hotel Banyak di Buru

PAGARALAM, KS—Suasana menjelang pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diperkirakan akan banyak pendatang yang akan masuk ke Pagaralam. Mereka datang dari berbagai daerah, termasuk juga di antaranya membawa sanak keluarga mereka, hingga berpengaruh pada tingkat hunian atau okupansi hotel dan penginapan yang ada.

“Tidak ada satupun hotel, penginapan, atau villa di Pagaralam yang kosong, sejak pengumuman peserta CPNS diumumkan banyak pemesan yang ingin menginap maupun mem-booking,” kata  Iwan salah seorang pengurus Villa Pemkot di Gunung Dempo, Selasa (29/10).

Menurutnya, Villa Besemah maupun Hotel Besemah di Kompleks MTQ sudah penuh hingga pelaksanaan test nanti “Sejak seminggu ini, pemesanan lumayan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, tingkat hunian bukan hanya di sekitar lokasi tes, termasuk penginapan dan hotel di pusat kota juga terisi semua kamarny seperti Hotel Darma Karya, Penginapan Putri Ayu, dan Hotel Mirasa.

“Menjelang tes CPNS yang akan digelar 3 Nopember nanti, para peserta tes khususnya sudah jauh-jauh hari memesan kamiar,” terangnya seraya mengatakan belum lagi tamu yang ingin berlibur ke Pagaralam tergolong cukup tinggi.

Sementara itu, Tomi, pengunjung yang membawa keluarganya dari Sekayu mengaku beruntung masih dapat satu kamar. “Beruntung saya punya teman di Pagaralam dan  telah memesan kamar dua minggu sebelumnya,” kata pria yang mengaku mengikuti tes sebagai tenaga kesehatan ini.

Sebagai informasi, sebanyak 5970 orang peserta tes akan mengikuti tes untuk memperebutkan 198 posisi di Pemkot Pagaralam. Sebelum itu  dari 12.024 pendaftar online, sebanyak  7.188 pelamar  yang mengirimkan berkas melalui pos. Secara bersamaan tes CPNS itu akan diadakan pula tes tertulis bagi peserta honorer Kategori 2 (K2) sebanyak  115 orang.

“Para peserta tes akan diserentakkan dengan peserta K2 yang dinyatakan bisa ikut tes menjadi PNS,” kata Kepala BKD Yapani Rahim SIP MMmelalui Kasi Formasi, Sardiono, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, mengenai lokasi test pihaknya telah menyiapkan  sejumlah lokasi sekolah mulai dari SD sampai SMA di seputaran kota saja. Namun, tetap saja nanti melihat jumlah pasti peserta yang akan hadir.

“Lokasi di sekitar dalam kota agar tidak terlalu jauh dan gampang terjangkau peserta,” singkatnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *